Pembukaan Perbatasan Batam-Singapura Dorong Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi

Sabtu, 02 April 2022 - 14:45 WIB
loading...
Pembukaan Perbatasan Batam-Singapura Dorong Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi
Kepala BP Batam Muhammad Rudi saat pertemuan dengan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kedua Perdagangan dan Industri Singapura Tan See Long di Singapura, Jumat (1/4). Foto/Antara/HO-BP Batam
A A A
BATAM - Pembukaan perbatasan Singapura - Batam dapat meningkatkan kembali sektor pariwisata dan mendorong pemulihan ekonomi daerah yang sempat melambat akibat dampak dari pandemi COVID-19.

"Langkah Singapura untuk membuka kembali pintu wisatawan melalui jalur Vaccinated Travel Framework akan memberikan dorongan dalam membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi Batam pascapandemi COVID-19," kata Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Peradangan Bebas Pelabuhan bebas Batam (BP Batam) Muhammad Rudi, Sabtu (2/4/2022).



Rudi yang juga menjabat Wali Kota Batam itu melakukan lawatan perdana ke Singapura, bertemu dengan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kedua Perdagangan dan Industri Singapura Tan See Long serta Menteri Kedua Urusan Luar Negeri dan Menteri Kedua Pendidikan Mohammad Maliki Bin Osman secara terpisah pada Jumat (1/4/2022).

Kunjungan itu bertepatan dengan pembukaan perbatasan Singapura-Batam yang memungkinkan pelaku perjalanan luar negeri yang sudah menerima vaksin lengkap untuk bepergian bebas karantina ke Singapura, dengan syarat hasil tes antigen negatif.

Rudi menjelaskan, kebijakan Vaccinated Travel Framework (VTF) menjadi nyawa baru dalam hubungan bisnis kedua wilayah.

"Dengan dibukanya jalur Singapura-Batam, kami optimistis semua sektor akan kembali bangkit. Dari pariwisata hingga industri. Perekonomian diharapkan akan terus meningkat. Investasi akan semakin menggeliat," katanya.



Dalam pertemuan bersama Muhammad Rudi, Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Kedua Bidang Perdagangan dan Perindustrian Singapura Tan menyoroti langkah BP Batam yang terus berinovasi. Di antaranya menyiapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kesehatan Sekupang, capaian pembangunan kota, dan ekonomi Batam yang terus membaik.

"Kami menyampaikan apresiasi atas apa yang tengah disiapkan Batam selama pandemi berlangsung. Dalam KEK Kesehatan, kami tentu berharap dapat mengambil peran. Kami akan coba merekomendasikan rumah sakit yang sesuai untuk bisa berkolaborasi dengan Batam," kata Menteri Tan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1673 seconds (0.1#10.140)