Bupati Gowa Harap Dekranasda Jadi Pionir Bangga Produk Lokal

Sabtu, 02 April 2022 - 07:27 WIB
loading...
Bupati Gowa Harap Dekranasda Jadi Pionir Bangga Produk Lokal
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan turut hadir memberikan arahan pada Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Gowa di Kediaman H. Sahar, Jumat (1/4/2022). Foto/Dok Pemkab Gowa
A A A
GOWA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Gowa diharapkan mampu menjadi pionir bangga terhadap produk lokal, khususnya yang ada di Kabupaten Gowa.

Hal ini diungkapkan oleh Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan , saat memberikan arahan pada Pelantikan Pengurus Dekranasda Kabupaten Gowa di Kediaman H. Sahar, Jumat (1/4/2022)



"Mudah-mudahan seluruh pengurus Dekranasda merupakan pionir untuk bangga terhadap produk lokal buatan Kabupaten Gowa," ujar dia.

Bupati Adnan menyebut hal tersebut sejalan dengan arahan Presiden Jokowi kepada seluruh kepada daerah, Kementerian dan Lembaga untuk bangga buatan Indonesia (BBI).

Ia menyampaikan hal tersebut juga merupakan peluang bagi Dekranasda guna mempersiapkan produk-produk UMKM lokal agar bisa dibeli oleh pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten Gowa.

Selain itu, Bupati Adnan juga mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah telah mewajibkan mengakomodir 40 persen dalam E-katalog Pengadaan Barang dan Jasa ada produk lokal. UMKM yang sudah layak bisa segera di daftar di ULP untuk dimasukkan dalam E-katalog.

"Sehingga pembelian yang akan dilakukan oleh seluruh dinas yang ada di Kabupaten Gowa membeli produk lokal Kabupaten Gowa," tandasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan. Dirinya juga berharap seluruh anggota Dekranasda Gowa untuk lebih mencintai produk lokal dan menjadi contoh masyarakat yang lain.

"Sudah sepantasnya dan selayaknya kita sebagai pengurus Dekranasda Kabupaten Gowa untuk turut mempromosikan produk kerajinan lokal Kabupaten Gowa," harapnya.



Dia menambahkan di Gowa banyak kerajinan-kerajinan yang membutuhkan dukungan dari Dekranasda, seperti dalam hal packaging dan pemasaran sehingga dapat memajukan produk-produk lokal.

"Kita masih banyak tugas untuk mempromosikan bangga memakai produk lokal daerah dan juga lebih cinta produk Indonesia. Itu juga salah satu kita di Dekranasda," ungkapnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)