Hilal di Manado Belum Terlihat, Posisi Masih di Bawah 2 Derajat

Jum'at, 01 April 2022 - 18:00 WIB
loading...
Hilal di Manado Belum Terlihat, Posisi Masih di Bawah 2 Derajat
Hilal di Manado masih belum terlihat. Foto: Subhan/SINDOnews
A A A
MANADO - Berdasarkan hasil pemantauan rukyatul hilal awal Ramadhan 1443 H, di Rooftop Mega Trade Center, Manado, hilal berada pada posisi masih di bawah 2 derajat.

Oleh karenanya, sampai saat ini Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama dengan BMKG Stasiun Geofisika Manado, belum bisa melihat.

Kakanwil Kemenag Sulut, H Anwar Abubakar mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum bisa melihat hilal. Hasil pemantauan ini akan dijadikan bahan laporan kepada Kementerian Agama Pusat yang melaksanakan sidang Isbat.

Baca juga: Jelang Ramadan, Kemenag Buat Protokol Pemantauan Hilal Saat Pandemi Corona

"Sebentar jam 6 sore waktu Indonesia bagian barat. Untuk titik yang ada di Provinsi Sulut, sebagai salah satu titik dari 110 titik yang melaksanakan rukyatul hilal untuk kondisi yang ada sekarang ini, kita belum bisa menyaksikan hilal, karena masih di bawah 2 derajat," katanya, Jumat (1/4/2022).

Oleh karenanya, dia mengimbau kepada semua masyarakat, khususnya umat Muslim yang ada di Provinsi Sulut untuk menunggu hasil sidang isbat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama pukul 06.00 WIB, untuk selanjutnya kapan penetapan 1 Ramadhan akan dilaksanakan.

Baca: Pandemi Corona, Kemenag Buat Aturan Pemantauan Hilal Awal Ramadhan

Lebih lanjut dia mengajak dan mengimbau kepada seluruh masyarakat, untuk tetap mengikuti protokol kesehatan pada saat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah Ramadhan.

"Kita berharap dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga suasana yang aman, nyaman, kondusif khususnya di Provinsi Sulut ini dalam rangka melaksanakan ibadah dengan suasana kebatinan yang nyaman," pungkasnya.
(hsk)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3131 seconds (10.55#12.26)