Teror Intan Jaya, KKB Undius dan Aibon Kogoya Bakar Sekolah dan Aniaya Warga

Kamis, 31 Maret 2022 - 08:47 WIB
loading...
Teror Intan Jaya, KKB Undius dan Aibon Kogoya Bakar Sekolah dan Aniaya Warga
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undinus Kogoya, dan Aibon Kogoya melancarkan teror dengan membakar sekolah serta menganiaya warga. Foto/Bidhumas Polda Papua
A A A
INTAN JAYA - Teror keji kembali dilancarkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Undinus Kogoya, dan Aibon Kogoya. Mereka melakukan tindakan brutal dengan membakar bangunan sekolah satu atap SD-SMP, dan menganiaya warga sipil pada Rabu (30/3/2022).

Baca juga: Praka Mar Wilson Korban Penyerangan KKB Dimakamkan, Ini Pesan Menyentuh Danpasmar 2

Aksi brutal itu, dilakukan KKB pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya, di wilayah Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal menjelaskan, kejadian teror brutal KKB terjadi sekitar pukul 17.50 WIT.



"Saat itu anggota di lapangan melihat terdapat kepulan asap dari arah Kampung Hitadipa. Terkait hal tersebut, selanjutnya anggota melakukan penyelidikan dan diketahui bahwa KKB telah membakar gedung sekolah satu atap Hitadipa," terangnya.

Baca juga: Bertaruh Nyawa Usir Penjajah, Haji Salahuddin Diusulkan jadi Calon Pahlawan Nasional

Lebih lanjut Kamal menjelaskan, dari keterangan saksi, pukul 16.30 WIT gerombolan KKB berjumlah puluhan orang masuk ke dalam Kampung Hitadipa, kemudian membakar gedung Sekolah Satu Atap YPPGI-SMP N 2 Hitadipa yang berjumlah sembilan kelas.

"Mereka (KKB) tidak hanya membakar gedung sekolah, tetapi juga melakukan penganiayaan terhadap dua warga sipil. Salah satunya adalah guru di sekolah yang mereka bakar," tegas Kamal.

Baca juga: Jual Solar Bersubsidi ke Pelaku Industri, 2 SPBU di Medan Disegel Pertamina

Dia menambahkan, setelah melakukan pembakaran dan penganiayaan selanjutnya gerombolan KKB melarikan diri ke luar dari Kampung Hitadipa. Anggota TNI-Polri di Intan Jaya, telah menyekat jalur KKB untuk masuk ke Kota Sugapa, dan juga melakukan pengamanan di sekitaran objek vital.
(eyt)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1810 seconds (11.252#12.26)