65 Persen Warga Buta Huruf Al-Quran, Ini Harapan Komunitas kepada Ridwan Kamil

Selasa, 29 Maret 2022 - 04:34 WIB
loading...
65 Persen Warga Buta Huruf Al-Quran, Ini Harapan Komunitas kepada Ridwan Kamil
Komunitas Peduli Buta Huruf Al-Quran mendorong Ridwan Kamil maju Pilpres 2024. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Sekitar 65 persen penduduk Indonesia buta huruf Al-Quran. Dibutuhkan sosok pemimpin nasional yang peduli untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Harapan tersebut disampaikan para ulama, guru ngaji, tokoh masyarakat, dan relawan yang tergabung dalam Komunitas Peduli Buta Huruf Al-Quran yang sementara ini berpusat di Jabar.

Secara khusus, komunitas yang diinisiasi sejak 2020 ini telah melaksanakan sensus terbatas di salah satu wilayah di Kabupaten Sumedang dengan melakukan tes langsung kemampuan mengenal huruf hijaiyah dan membaca Al-Quran di lingkungan keluarga.

"Secara nasional, data yang kami miliki ada 65 persen penduduk Indonesia buta huruf Al-Quran," ungkap perwakilan Komunitas Peduli Buta Huruf Al-Quran, Muhammad Hidayat di Bandung, Senin (28/3/2022).



Dengan kondisi tersebut, lanjut Hidayat, Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang memiliki perhatian terhadap pengentasan ketidakmampuan individu muslim dalam membaca Al-Quran. "Tentu saja, dalam berjuang mengentaskan buta huruf Al-Quran, kami perlu sinergi bersama pemerintah," katanya.

Hidayat menilai, Ridwan Kamil yang kini digadang-gadang sebagai calon presiden (capres) sebagai sosok pemimpin yang diharapkan itu. Menurutnya, sejak menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur Jabar saat ini, Ridwan Kamil memiliki kepedulian terhadap persoalan buta huruf Al-Quran.

Oleh karenanya, kata Hidayat, Komunitas Peduli Buta Huruf Al-Quran mendukung Ridwan Kamil untuk maju di ajang kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Dukungan disampaikan melalui deklarasi yang digelar, akhir pekan kemarin.

"Ini bentuk dukungan politik bagi Kang Emil. Kami melihat beliau punya atensi yang baik terhadap bidang keagamaan di Jawa Barat. Memperhatikan pesantren dan menerbitkan program Satu Desa Satu Hafizh (penghafal Al-Quran). Kami melihat Kang Emil (Ridwan Kamil) sebagai sosok calon pemimpin nasional yang punya perhatian terhadap Al-Quran," paparnya.

Hidayat berharap, jika Allah berkehendak dan Ridwan Kamil tampil di ajang Pilpres 2024 serta melenggang menjadi pemimpin nasional, perjuangan mengentaskan buta huruf Al-Quran warga muslim di Indonesia akan semakin mudah.

"Kita butuh pemimpin yang menyatukan masyarakat. Jangan ada lagi istilah cebong-kampret. Insya Allah Kang Emil bisa diterima semua kelompok masyarakat. Semoga harapan pada Kang Emil ini diridhai Allah subhanahu wa ta’ala," kata Hidayat.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2947 seconds (0.1#10.140)