Dirut Petrokimia Gresik Sabet CEO Driving Execution Terbaik Anugerah BUMN 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 - 22:09 WIB
loading...
Dirut Petrokimia Gresik Sabet CEO Driving Execution Terbaik Anugerah BUMN 2022
Dirut Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo (kiri) dinobatkan sebagai CEO Driving Execution Terbaik Kategori Anak Perusahaan BUMN dalam Anugerah BUMN 2022 Tahun ke-11 di Jakarta. FOTO/IST
A A A
GRESIK - Direktur Utama Petrokimia Gresik , Dwi Satriyo Annurogo dinobatkan sebagai CEO Driving Execution Terbaik Kategori Anak Perusahaan BUMN dalam "Anugerah BUMN 2022 Tahun Ke-11" di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Petrokimia Gresik, juga berhasil mempertahankan penghargaan Terbaik I Kategori Pengembangan Talenta dan Unggul untuk anak perusahaan BUMN yang tahun lalu juga diraih.

Dwi Satriyo mengatakan, driving execution atau fokus pada eksekusi adalah kompetensi yang wajib dimiliki oleh semua leader di Petrokimia Gresik. Kompetensi strategis inilah yang menjadikan Petrokimia Gresik selama ini mampu menjadi pioneer dalam beberapa teknologi pertanian di Indonesia.

"Pertarungan bisnis di era sekarang ini tidak sebatas kemampuan operasional perusahaan yang efektif dan efisien, tapi juga tentang ide dan kreativitas. Namun, tanpa kemampuan eksekusi yang baik, ide dan kreativitas sekeren apapun akan menjadi sia-sia," ujar Dwi Satriyo dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu (26/3/2022).

Apalagi saat ini, tambahnya, perubahan era semakin cepat. Contohnya, Covid-19 muncul pada Maret 2020. Dalam hitungkan bulan saja sudah memberikan dampak luar biasa dalam semua sektor kehidupan. "Guna menghadapi perubahan yang semakin cepat ini tidak sebatas diperlukan strategi hebat untuk bertahan dan berkembang, tapi juga kecepatan dalam eksekusi strategi tersebut, sehingga dapat memberikan dampak lebih nyata bagi perusahaan," kata Dwi Satriyo.

Di Petrokimia Gresik, ada tiga inisiatif strategi yang telah dijalankan dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19. Pertama, product leadership melalui Phonshka Plus yang mengandung Zinc dan berpotensi meningkatkan panen. Kedua, customer intimacy melalui Program Makmur.

Menciptakan ekosistem dengan menghubungkan petani kepada segala bentuk kebutuhan pertanian, mulai dari project leader, pihak asuransi, lembaga keuangan, teknologi pertanian, agro input, offtaker dan pemerintah daerah. Dengan demikian Program Makmur mampu menjadi solusi untuk menjawab tantangan yang selama ini dihadapi oleh para petani.

Ketiga, operation excellence dengan mengoptimalkan digitalisasi di semua lini perusahaan. Selain menghadirkan kinerja efektif dan efisien, digitalisasi merupakan wujud adaptasi perusahaan di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan penerapan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak. Di sisi lain, perusahaan juga mendorong pengembangan talenta, karena masa depan perusahaan ada di tangan generasi milenial yang jumlahnya saat ini melebihi 60% dari total karyawan di perusahaan.

"Peningkatan jumlah talent milenial yang duduk di posisi grade I dan II perusahaan merupakan salah satu hasil nyata dari keberhasilan program pengembangan talenta di Petrokimia Gresik," ujar Dwi Satriyo.

Keberhasilan lain yang dirasakan Petrokimia Gresik dalam bidang pengembangan talenta adalah peningkatan hasil assessment, penurunan gap kompetensi, succession plan yang baik, serta hasil survei kepuasan karyawan dan keterikatan karyawan yang meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1203 seconds (0.1#10.140)