Jatim Agility Race 2022 Jadi Ajang Unjuk Kebolehan Anjing Pintar

Sabtu, 26 Maret 2022 - 13:55 WIB
loading...
Jatim Agility Race 2022 Jadi Ajang Unjuk Kebolehan Anjing Pintar
Salah satu anjing dan pelatihnya saat mengikuti Jatim Agility Race 2022 di DBL Arena Surabaya.Foto/ist
A A A
SURABAYA - Puluhan anjing berbagai jenis mengikuti ajang Jatim Agility Race 2022 di DBL Arena, Sabtu (26/3/2022) dan Minggu (27/3/2022). Di hari pertama lomba agility (kecepatan dan ketepatan) dengan tiga kelas yakni large, medium dan small.

Anjing-anjing berasal dari beberapa kota di Jawa Timur, Bali dan Yogyakarta ikut bertanding.Salah satunya anjing jenis mini pom bernama Chester. Dipandu Athenna Triezha (7) Chester berhasil melewati beberapa rintangan mulai melompati palang kayu, menaiki jembatan dan memasuki lorong.

Baca juga: Kisah Kiai Sadrach, Jebolan Pesantren yang Jadi Penginjil di Tanah Jawa

Triezha ikut berlari sambil berteriak menyuruh Chester melewati rintangan. "Chester.. jump... jump.. good Chester," kata Triezha dengan langsung memeluk dan memberi hadiah makanan pada Chester yang bertanding di katagori small reguler.

Menurut Hantoro, seorang pelatih, membawa anjing meraih juara dalam kontes agility tidaklah mudah.Antara anjing dan pelatih harus memiliki kontak batin, kedekatan yang kuat. "Kalau sudah begitu, apapun, anjing akan mengikuti perintah kita," ujar Han, panggilan akrab Hantoro.

Untuk menciptakan kedekatan itu, dibutuhkan waktu minimal 2 minggu namun harus bertemu setiap hari minimal satu jam sekali pertemuan.

Ketua Panitia Lomba, Dion Nur Dianto mengatakan untuk lomba agility ini yang dinilai adalah kecepatan dan ketepatan. Anjing yang cepat dan paling sedikit melakukan kesalahan akan menjadi pemenangnya."Peran handle yang mengarahkan anjing supaya bisa cepat dan tepat," katanya.

Selain agility, juga dilombakan katagori dog talent. Di katagori ini, akan dinilai anjing sesuai dengan bakatnya. Ada yang bakatnya pelacakan, menari hingga berhitung melalui gonggongannya. "Anjing sama seperti manusia, memiliki bakatnya masing-masing," tutur Dion
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5611 seconds (0.1#10.140)