Sambangi Pedalaman Asmat, Risma Naik Motor dan Speedboat Lewati Sungai Sarang Buaya

Jum'at, 25 Maret 2022 - 07:03 WIB
loading...
Sambangi Pedalaman Asmat, Risma Naik Motor dan Speedboat Lewati Sungai Sarang Buaya
Mensos Tri Rismaharini berkunjungan ke kampung terjauh di Desa Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (23/3/2022). Foto Arif Budianto
A A A
ASMAT - Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan kunjungan ke kampung terjauh di Desa Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (23/3/2022). Menariknya, untuk sampai ke kampung ini, Risma menggunakan sepeda motor dan speedboat.

Dari Timika, Risma datang menggunakan pesawat baling-baling dan mendarat di Bandara Kamur, Kabupaten Asmat. Dari sini, Risma kemudian menggunakan sepeda motor ke pemberhentian kapal atau Pelabuhan Pantai Kausari. Risma kemudian menuju Erosaman menggunakan speed boat berkapasitas empat orang penumpang.



Speedboat dan perahu adalah satu satunya modal transportasi menuju Kampung Erosaman. Di sini, Risma menyusuri sungai rawa sejauh lebih kurang 20 menit. Sungai ini berair hitam pekat dan berkelok. Warga sekitar menyebut, sungai tersebut juga dihuni buaya.

Selain di Erosaman, Risma juga menuju Kampung Amagais dan disambut warga dengan antusias. Risma disambut tarian lokal dari para mama dan papa setempat. "Ini tarian adat. Jadi kalau ada orang besar datang itu harus diramaikan," kata salah seorang warga, Isak Amkai.

Risma datang dalam rangka memberikan sejumlah bantuan program Kemensos , seperti bibit kelapa, budidaya ayam petelur, dan fasilitas penguat sinyal, gedung pusat kegiatan, budidaya lele, dan lainnya.

"Saya sudah ke Papua enam kali, dan ke kampung ini dua kali. Perkembangan, masyarakat sudah bisa budidaya telur ayam, menanam, dan lainnya. Harapan mereka nantinya bisa mandiri, " kata Risma.

Sekitar satu jam Risma ada di dua kampung pedalaman Papua. Dia kemudian terbang menuju ibu kota Kabupaten Asmat, Agats. Di sana, Risma melakukan kunjungan ke RSUD, pembangunan Masjid An Nur, Keuskupan, dan lainnya. Di situ, Risma keliling Agats menggunakan sepeda motor listrik.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Asmat Elisa Kambu mengapresiasi kunjungan Mensos Risma ke pelosok Kabupaten Asmat, Kampung Erosaman. Kampung ini bisa dibilang berada di ujung Provinsi Papua. Bahkan, ini adalah kunjungan kedua Risma setelah kunjungan pertama pada 2021 lalu.

"Luar biasa, ibu menteri bisa datang untuk kedua kalinya ke sini. Seorang pejabat menteri, perempuan, bisa datang ke tempat seperti ini. Kami sangat berterimakasih kepada bapak Presiden Jokowi melalui ibu Risma. Ini adalah langkah tulus dari ibu menteri agar semua warganya hidup layak," ujar dia.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1953 seconds (0.1#10.140)