Cuaca Kurang Bersahabat, Tim SAR Belum Temukan Pendaki Gunung Arjuno yang Hilang

Rabu, 23 Maret 2022 - 00:37 WIB
loading...
Cuaca Kurang Bersahabat, Tim SAR Belum Temukan Pendaki Gunung Arjuno yang Hilang
Pendaki bernama Muhammad Naam Kurniawan, mahasiswa asal Kutorejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan ini dilaporkan hilang. (Ist)
A A A
PASURUAN - Satu pendaki Gunung Arjuno diduga tersesat saat tengah melakukan pendakian. Pendaki bernama Muhammad Naam Kurniawan, mahasiswa asal Kutorejo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan ini dilaporkan hilang saat hendak turun dari Marukotomo, sebuah situs purbakala yang ada di lereng Gunung Arjuno.

Dari informasi yang dihimpun diduga korban sempat mencari sinyal guna meminta tolong petugas lantaran ada pendaki lain yang cedera. Pendaki lain yang dimaksudkan adalah Lia Agustina, tetapi petugas yang mendapat kontak kemudian bergerak ke atas guna mengevakuasi Lia, pendaki lain yang sebelumnya dilaporkan cedera itu.

Lia berhasil dievakuasi petugas gabungan dengan selamat sedangkan Naam belum diketahui keberadaannya hingga kini. Kuat dugaan, korban tersesat saat berada di alas Lali Jiwo, sebutan untuk kawasan hutan di Taman Hutan Raya (Tahura) E. Soerjo.

Anggota tim SAR Tahura R. Soerjo Junaidi menyatakan, hingga Selasa malam pencarian masih belum membuahkan hasil. Ada sebanyak lima search and rescue unit (SRU) atau tim yang dikerahkan mencari pendaki bernama Muhammad Naam Kurniawan tersebut.

"Saat ini sudah 5 SRU yang melakukan pencarian. Setiap SRU ada 10 orang," kata Junaidi, Selasa (22/3/2022).

Junaidi mengatakan tim yang tergabung dalam 5 SRU berasal dari petugas Taman Hutan Raya (Tahura) R Soerjo dan relawan. Mereka sudah naik ke atas dan menyisir dari lima titik. Baca: Mengerikan! Akhadirun Diduga Mutilasi Payudara dan Alat Kelamin Korban Pakai Cutter.

Di sisi lain Kasi Operasi dan Siaga Basarnas Jatim, I Wayan Suyatna mengatakan, telah mengerahkan empat regu SAR guna membantu pencarian pendaki gunung yang dinyatakan hilang ini.

"Empat regu telah kami kerahkan untuk melakukan operasi pencarian terhadap survivor,” ucap Wayan. Baca Juga: Ritual Tolak Hujan di Kolam Keramat Mpu Supo Berujung Maut, Ibu dan Anak Tewas Hirup Gas Beracun.

Menurutnya, beratnya medan serta kurang mendukungnya cuaca menjadi hambatan tim gabungan melakukan pencarian keberadaan M. Naam yang hilang di Gunung Arjuno.

“Sampai sekarang proses pencarian masih nihil. Medannya berat karena banyak semak. Cuaca juga kurang bersahabat, dipenuhi kabut,” tuturnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3233 seconds (10.177#12.26)