Masuki Akhir Triwulan I, Tender Proyek di Makassar Belum Berjalan

Selasa, 22 Maret 2022 - 16:05 WIB
loading...
Masuki Akhir Triwulan I, Tender Proyek di Makassar Belum Berjalan
Tender proyek di Makassar belum berjalan meski sudah memasuki akhir triwulan I. Foto: Sindonews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Jelang akhir bulan Maret 2022 ini, lelang tender sejumlah proyek infrastruktur Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar yang digadang-gadang bakal dibangun tahun ini, belum juga dieksekusi.

Padahal, Wali Kota Makassar, Mohc Ramdhan Pomanto sudah sejak awal menggaungkan tender dini untuk setiap proyek agar anggaran bisa segera terserap.



Berdasarkan pantauan di laman resmi, belum ada satupun paket program yang tayang pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Makassar .

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengakui, proyek fisik saat ini sementara dalam tahap penyusunan perencanaan. Dia menargetkan, tender bisa dimulai pada bulan April mendatang.

"Memang proyek fisik lagi penyusunan perencanaan. Banyak proyek fisik yang besar yang kami canangkan. Makanya perencanaan dasarnya harus selesai dan saya berharap April ini harus selesai," katanya.

Kendala lain yang dihadapi, kata Danny, yakni belum tuntasnya resetting pemerintahan yang dilakukan.

Sejumlah jabatan eselon III posisi kepala bidang masih banyak yang dijabat oleh pelaksana tugas atau Plt, padahal, mereka yang akan menjadi pejabat pembuat komitmen atau PPK dalam setiap proyek.

"Sekarang proyek strategis ini harus ada penanggungjawabnya. Harus ada yang urus tanahnya, kan tidak semudah itu. Itu mendesak tapi resetting belum tuntas. Orang yang bertanggung jawab belum ada," ucap Danny.

Pengamat Pemerintahan dan Tata Kelola Keuangan Negara Universitas Patria Artha Makassar, Bastian Lubis mengatakan, Pemkot semestinya bergerak cepat dalam menjalankan lelang, sebab molornya lelang tender akan berdampak pada perputaran ekonomi masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4900 seconds (0.1#10.140)