34 kelompok pesisir Kulonprogo dapat bantuan

Kamis, 14 Februari 2013 - 12:29 WIB
34 kelompok pesisir Kulonprogo dapat bantuan
34 kelompok pesisir Kulonprogo dapat bantuan
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 34 kelompok dari tiga desa di kawasan pesisir Kulonprogo akan mendapat bantuan dari kementerian Kelautan dan Perikanan. Bantuan diberikan melalui program Pengembangan Desa Pesisir Tangguh (PDPT) dalam menghadapi bencana alam dan perubahan iklim.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kulonprogo Endang Purwaningrum mengatakan, program PDPT baru digulirkan tahun 2012 lalu. Di mana 34 kelompok di tiga desa pesisir menerima bantuan Rp1,2 miliar.
“Bantun langsung disalurkan kepada kelompok,” kata Endang, Kamis (14/2/2013).

Dia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterimanya untuk tahun ini bantuan serupa hanya akan disalurkan 50 persen saja dari jumlah tahun sebelumnya. Namun dia mengaku belum dapat memastikan kapan bantuan tersebut dicairkan.

Menurut dia, rencananya bantuan akan digunakan untuk memberi pelatihan keterampilan anggota kelompok desa pesisir. Dengan demikian, mereka memiliki pendapatan tambahan selain sebagai nelayan.

PDPT, lanjut dia, menitikberatkan pada upaya integrasi pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur wilayah pesisir, dan mendukung pembangunan iklim usaha ekonomi produktif.

Program ini bermuara pada pengentasan kemiskinan, keberlanjutan kelembagaan masyarakat, kelestarian lingkungan, kemandirian keuangan desa, siaga terhadap bencana serta perubahan iklim.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6146 seconds (0.1#10.140)