Kematian Tragis Anak Hayam Wuruk, Kepalanya Dipenggal dan Dibawa ke Majapahit

Jum'at, 18 Maret 2022 - 09:36 WIB
loading...
Kematian Tragis Anak Hayam Wuruk, Kepalanya Dipenggal dan Dibawa ke Majapahit
Foto ilustrasi SINDOnewsSepeninggal Hayam Wuruk sebagai raja Majapahit, kondisi kerajaan mulai tidak harmonis. Beberapa bara konflik terjadi di internal keluarga kerajaan.
A A A
SEPENINGGALHayam Wuruk sebagai raja Majapahit , kondisi kerajaan mulai tidak harmonis. Beberapa bara konflik terjadi di internal keluarga kerajaan. Salah satu yang paling besar adalah pembagian daerah Majapahit barat dan timur.

Kitab Pararaton mengisahkan, pangkal persoalan perebutan tahta yang berawal anak laki-laki Hayam Wuruk yang lahir dari selir. Anak itu bernama Bhre Wirabumi, namun karena lahir dari selir bukan istri resmi, ia tidak berhak atas tahta kerajaan. Sebab yang menjadi ahli waris atau putra mahkota haruslah berasal dari istri resmi raja.

Buku "Babad Tanah Jawi" tulisan Soedjipto Abimanyu mengisahkan bagaimana akhirnya Kusumawardhani-lah yang mewarisi tahta dan mahkota kerajaan. Namun pergolakan internal keluarga kerajaan memaksa Majapahit dipecah dua. Kusumawardhani memerintah di Majapahit dan Bhre Wirabumi yang notabene anak Hayam Wuruk dari selir memerintahdi Majapahit Timur.



Peperangan akhirnya pecah setelah pembagian kekuasaan tersebut. Perang yang disebut Perang Paregreg merupakan perang terbesar yang membuat kedigdayaan Majapahit tercerai berai. Perang ini konon bahkan sampai berlangsung selama dua tahun lamanya antara 1404 sampai 1406.

Hal ini juga yang membuat putra Wikramawardhana, Bhre Tumapel dan Hyang Parameswara kebingungan membela siapa antara Wikramawardhana dengan Bhre Wirabumi. Mengingat keduanya masih memiliki trah keturunan bangsawan yang sama-sama berasal dari keluarga raja.

Peperangan yang terjadi membuat anak Hayam Wuruk Bhre Wirabumi tewas. Ia sebenarnya berhasil melarikan diri dari peperangan yang sudah menyudutkan kekuatannya. Bhre Wirabumi melarikan diri menaiki perahu pada malam hari untuk menghindari kejaran Ratu Angabaya Bhre Narapati.

Nahas saat melarikan diri itulah Bhre Wirabumi justru tertangkap oleh pasukan dari Wikramawardhana. Sang anak raja termahsyur Majapahit itu harus tewas dipenggal kepalanya. Kepalanya kemudian dibawa ke Majapahit, untuk dicandikan di Lung. Candi makamnya disebut Grisapura.

Setelah raja Suhita bertahta di Majapahit, Bhre Daha naik tahta. Dia adalah keturunan Bhre Wirabumi. Alhasil ketika menjadi raja Bhre Narapati yang menangkap dan membunuh Bhre Wirabumi langsung dihukum oleh Bhre Daha.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)