Perbanyak Produksi Ceramah Agama Secara Online di Tengah Pandemi

Selasa, 16 Juni 2020 - 17:30 WIB
loading...
Perbanyak Produksi Ceramah Agama Secara Online di Tengah Pandemi
Ceramah online dilakukan secara rutin setiap hari di tengah Pandemi COVID-19. Masyarakat bisa mengaksesnya lewat kanal youtube maupun media sosial lainnya.
A A A
SURABAYA - Inovasi khusus dalam bidang keagamaan terus dilakukan di tengah pandemi Covid-19 ini. Salah satunya ceramah via online di Masjid Al Muhajirin, komplek Pemkot Surabaya yang rutin dilakukan.

Wakil Koordinator Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya M Fikser menuturkan, mekanisme ceramah online ini dilakukan dengan cara para penceramah diambil videonya oleh staf dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kota Surabaya.(baca juga: Sukses Gelar Pemilihan Rektor Secara Daring, Unair Raih Muri )

Setelah selesai, video tersebut diunggah di chanel youtube Sapawarga atau media sosial Kominfo dan dapat diakses oleh semua masyarakat. "Jadi nanti kawan-kawan Kominfo akan mengambil videonya. Lalu akan diupload di Youtube Sapawarga. Sehingga semua warga dapat mengakses. Kapanpun dan di mana pun," kata Fikser ketika ditemui di Balai Kota Surabaya, Selasa (16/6/2020).

Ia melanjutkan, terkait pelaksanaan pengambilan video, pihaknya sudah berkomunikasi dengan takmir masjid agar membuat jadwal dan materinya. Sehingga dari jadwal itulah staf Diskominfo dapat langsung mengambil video dan sesegera mungkin disebarkan melalui kanal Youtube.

Kepala Diskominfo Kota Surabaya itu juga menambahkan, upaya pemanfaatan teknologi ini sebagai bentuk pengganti pertemuan dan kerumunan warga di tengah pandemi global ini. Makanya, ia memastikan bahwa ceramah online ini akan berlangsung secara rutin setiap harinya.

"Karena ceramah adalah upaya dalam memenuhi kebutuhan siraman rohani. Jadi memang harus rutin dilakukan," ungkapnya.

Imam Masjid Al-Muhajirin Surabaya, Azis Muslum mengatakan, sebelum adanya pandemi Covid-19, kajian dan ceramah agama ini sudah dilaksanakan secara rutin. "Setiap Senin-Kamis berlangsung rutin setelah Dzuhur atau sekitar pukul 12.00 WIB. Ceramah ini diasuh oleh para da'i dan kyai," kata Azis Muslum.

Ia mengungkapkan, ceramah online ini digelar guna memenuhi permintaan masyarakat, khususnya di sekitar lingkungan Masjid Muhajirin. Bahkan, nantinya materi-materi ceramah itu juga akan dibagikan atau dishare ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Surabaya.

"Respon masyarakat juga positif dan senang dengan adanya ceramah online, jadi insyallah akan terus kami lanjutkan," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)