Tanah Ambles di Desa Kampale Sidrap Sudah Berulang Kali Terjadi

Rabu, 16 Maret 2022 - 17:55 WIB
loading...
Tanah Ambles di Desa Kampale Sidrap Sudah Berulang Kali Terjadi
Tanah ambles terjadi di Desa Desa Kampale, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap pada Senin 14 Maret 2022. Foto: SINDOnews/Andi Mappanyukki
A A A
SIDRAP - Tanah ambles yang terjadi di Desa Desa Kampale, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap pada Senin 14 Maret 2022 kemarin, merupakan peristiwa berulang. Kejadian serupa pernah terjadi pada 2016 dan 2019.

Hal itu diutarakan Camat Dua Pitue, Andi Sammang. Menurut dia, ada sejumlah faktor yang membuat tanah di wilayah yang berada di bantaran Sungai Bila tersebut ambles.

Baca juga:Bantaran Sungai di Sidrap Ambles 3 Rumah Warga Terdampak

"Pada saat pemeriksaan aliran Sungai Bila, kondisi normal, kemungkinan penyebab amblasan tanah di Dusun 2 Desa Kampale. Lahan di daerah lokasi amblasan, berupa bantaran sungai, kebun dan pemukiman. Jalan desa dan pemukiman penduduk berjarak sekitar 3-7 meter dari lokasi amblasan tanah. Di bagian bawah terdapat Sungai Bila yang mengalir sepanjang tahun," urai Andi Sammang, Rabu (16/3/2022).

Dari laporan Pemerintah Desa Kampale, faktor penyebab tanah amblas di Dusun 2 adalah tanah yang tidak dapat menahan beban akibat tergerus aliran sungai di bagian bawah dan menyerapnya air dengan cepat.

Baca juga:Pemkab Sidrap Berkomitmen Optimalisasi Program JKN

Faktor lain penyebab tanah ambles kata dia, adalah curah hujan yang tinggi dan tanah basah yang memicu terjadinya infiltrasi air tebing sungai.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa tanah ambles terjadi di Desa Kampale, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap pada Senin 14 Maret 2022. Tiga rumah warga warga terkena dampak.
(luq)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4124 seconds (10.55#12.26)