Sapu Bersih Sampah, Ini yang Dilakukan BTNB dan Resort di Bunaken

Selasa, 15 Maret 2022 - 18:28 WIB
loading...
Sapu Bersih Sampah, Ini yang Dilakukan BTNB dan Resort di Bunaken
Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) bersama pengelola resort melakukan operasi pembersihan sampah utamanya di titik kunjungan wisata Pantai Liang Pulau Bunaken. Foto/MPI/Subhan Sabu
A A A
MANADO - Hari Bakti Rimbawan, yang selalu diperingati pada 16 Maret, dijadikan momentum oleh Balai Taman Nasional Bunaken (BTNB) bersama pengelola resort, melakukan operasi pembersihan sampah utamanya di titik kunjungan wisata Pantai Liang Pulau Bunaken.



Kepala BTNB, Genman S. Hasibuan menyampaikan sebagai komitmen dan integritas dalam melayani publik, terus berupaya melakukan operasi bersih sampah, tidak hanya layanan terhadap estetika bagi pengunjung dan masyarakat tetapi juga untuk pelestarian habitat satwa prioritas Taman Nasional Bunaken yang dilindungi.



"Selama dua bulan terakhir di tahun 2022 selalu giat melakukan operasi pembersihan sampah utamanya di titik kunjungan wisata Pantai Liang Pulau Bunaken, tercatat sejak bulan Januari-Februari telah terkumpul sebanyak 230 karung dengan berat total sekitar 750 kg yang sebagian besar merupakan sampah plastik," kata Genman, Selasa (15/3/2022).



BTNB kata dia akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, serta pihak-pihak terkait dalam penanganan sampah, dan juga berupaya memberikan edukasi kepada publik agar tidak membuang sampah sembarangan, mengingat kawasan Taman Nasional Bunaken dengan wilayah perairan terbuka dengan lima muara sungai besar dari Kota Manado, dan sekitarnya sehingga sampah yang dibuang ke sungai akan bermuara ke dalam Taman Nasional Bunaken.

"Sampah yang terakumulasi di perairan kemudian menutupi terumbu karang akan meningkan kematian karang, kita tahu bersama karang menjadi objek utama tujuan kunjungan wisata dan sumber perikanan dengan bersih sampah karang sebagai habitat utama dapat terus lestari," tutur Genman.

Kepala Resort Bunaken, Engelin Pomantow mengatakan bahwa Hari Bakti Rimbawan menjadi penyemangat karyawan dan karyawati untuk terus mengabdi, mengokohkan persatuan dan meningkatkan jiwa korsa rimbawan yang dilakukan para staf di tingkat tapak Resort Bunaken, SPTN Wilayah I BTNB.

"Operasi bersih sampah dititik utama lokasi wisata sebagai bentuk pelayanan publik kepada masyarakat dan pengunjung sehingga merasa nyaman dan tidak terganggu estetika dalam berwisata," kata Engelin.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)