Grafik Kasus Corona Naik Terus,Temanggung-Kendal Jadi Perhatian Ganjar

Selasa, 16 Juni 2020 - 13:56 WIB
loading...
Grafik Kasus Corona Naik Terus,Temanggung-Kendal Jadi Perhatian Ganjar
Gubernur Ganjar Pranowo saat mengecek Pasar Ngadirejo Temanggung, Selasa (16/6). Foto/Dok Humas Pemprov Jateng
A A A
TEMANGGUNG - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyatakan ada tiga daerah zona merah di Jawa Tengah yakni Kota Semarang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Magelang. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan adanya daerah lain yang grafik kasusnya terus naik.

Kenaikan itu dikarenakan masifnya pengecekan dan tes massal di sejumlah daerah di Jawa Tengah. Dua daerah yang menjadi perhatian Ganjar saat ini adalah Kabupaten Temanggung dan Kendal.

"Temanggung dan Kendal jadi perhatian saya, grafiknya naik terus. Ini bisa dikategorikan merah," kata Ganjar saat mengecek Pasar Ngadirejo Temanggung, Selasa (16/6/2020). (Baca juga: Pelaku Penusukan Anggota TNI AD Menyerahkan Diri, Ini Orangnya )

Ganjar memang sedang menggenjot adanya pemeriksaan massal di seluruh daerah di Jawa Tengah. Bupati/Wali Kota diminta tidak resah dengan terjadinya peningkatan kasus dari upaya tracing ini.

"Jangan takut dan resah, justru dengan begini jadi ketahuan berapa yang positif kemudian diambil tindakan kongkretnya. Daripada terlihat landai dan bagus, tapi karena tidak dilakukan apa-apa. Tidak dilakukan tracing. Maka saya minta seluruh Bupati/Wali Kota gencar melakukan pengecekan ini," pintanya. (Baca juga: 5 Warga Positif COVID-19, Grobogan Terganjal Menuju New Normal )

Meningkatnya jumlah kasus, lanjut dia, akan dibarengi dengan upaya-upaya percepatan penanganannya. Langkah-langkah penataan di tempat-tempat yang berpotensi menjadi episentrum baru terus dilakukan.

"Penataan tempat publik seperti pasar tradisional ini terus kami lakukan. Termasuk kita lakukan rapid test massal, kalau ketahuan reaktif langsung PCR," tegasnya.

Pihaknya sudah menggelar rapat bersama jajaran termasuk pengelola laboratorium PCR di Jawa Tengah untuk keperluan itu. Menurutnya, semua lab sudah disiapkan dan semuanya siaga.

"Semua lab di Jateng siaga, kapasitasnya juga cukup. Tinggal saya minta mereka bekerja jauh lebih cepat, kalau biasanya hasil tes jadi 2-3 hari, saya minta sehari selesai," tutupnya.

Selain Kota Semarang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Magelang, dua daerah yang grafiknya meningkat adalah Temanggung dan Kendal. Dilansir dari laman corona.jatengprov.go.id pada Selasa (16/6) pukul 11.00 WIB, jumlah kasus positif di dua daerah itu memang cukup tinggi.

Kabupaten Temanggung tercatat ada 31 kasus positif covid-19 dan 10 pasien dalam pengawasan (PDP). Sementara di Kabupaten Kendal, ada 10 kasus positif covid dan 11 PDP serta 5 ODP.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8702 seconds (0.1#10.140)