Gandeng PT KAI, Perseroda Sulsel Optimistis Jadi Operator KA Makassar-Parepare

Minggu, 13 Maret 2022 - 17:06 WIB
loading...
Gandeng PT KAI, Perseroda Sulsel Optimistis Jadi Operator KA Makassar-Parepare
PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) alias Perseroda Sulsel optimistis bisa menjadi operator pengelolaan kereta api (KA) Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare. Foto/kppip
A A A
MAKASSAR - PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) alias Perseroda Sulsel optimistis bisa menjadi operator pengelolaan kereta api (KA) Trans Sulawesi rute Makassar-Parepare. Optimisme itu didukung dengan pembentukan konsorsium antara PT SCI dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) .

Direktur Utama Perseroda Sulsel, Yasir Machmud, mengatakan keputusan untuk menggandeng PT KAI dilatarbelakangi oleh track record positif PT KAI di sektor perkeretaapian.

Yasir membeberkan, pihaknya membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan lamanya untuk melakukan penjajakan dengan PT KAI sebelum akhirnya konsorsium dibentuk.

"Kurang lebih berproses selama 2 bulan. Kami ke Jakarta, KAI ke sini, jadi saling mengunjungi. Kemudian kami sama-sama melihat lokasi dari Pangkep, Barru, sampai Parepare itu kami sudah lihat bersama," ungkapnya.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Kereta Api Sulsel Ditarget Rampung Maret

Saat ini, pihaknya sudah mengirimkan penawaran lelang operator sarana ke Kementerian Perhubungan. Dibandingkan dengan kompetitor lain yang juga memasukkan penawaran, kata Yasir, PT KAI dinilai sangat mumpuni dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh kementerian.

"Kami sudah memasukkan penawaran. Kami sangat yakin bisa memenangi ini apalagi kami bergandengan tangan dengan PT KAI yang memiliki pengalaman puluhan tahun di perkeretaapian. Insya Allah kami yakin bisa menang," ucap Yasir.

Yasir menyebut, konsorsium atara pihaknya dan PT KAI dilakukan dengan komposisi share 70:30. Hal itu sudah termasuk pembelian gerbong hingga pengoperasian kereta api nantinya.

"Itu kami akan lakukan bersama-sama dengan sistem mulai pembelian dan bagi hasil yaitu 70:30," jelas Yasir.

Sebelumnya saat masih menjabat sebagai Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, sempat menghadiri langsung MoU antara kedua perusahaan tersebut pada Februari lalu. Andi Sudirman mengatakan bahwa proses tender operator sarana masih dilaksanakan di Jakarta.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2699 seconds (11.210#12.26)