Inovasi Mini PLTS Terangi 100 Rumah di Pulau Sabu NTT

Jum'at, 11 Maret 2022 - 21:25 WIB
loading...
Inovasi Mini PLTS Terangi 100 Rumah di Pulau Sabu NTT
Pemasangan alat PLTS. Foto: Istimewa
A A A
NTT - Terharu mendengar cerita dari staff engineernya yang pernah melakukan instalasi pompa air tenaga surya di Pulau Sabu tahun lalu, membuat Tiyo Avianto tidak bisa tinggal diam melihat ketertinggalan masyarakat Desa Loburui yang ada di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur.

Ditambah dengan berita meninggalnya dosen pembimbing saat kuliah membuat dia menginisiasikan penghargaan terakhir buat mengenang jasa beliau selama menjadi dosen pembimbing.

Janji Tiyo Avianto kepada masyarakat Desa Loburui, Kabupaten Sabu Raijua, NTT, direspon oleh Pertamina Foundation yang menilai inovasi mini PLTS atap yang mampu bekerja sepanjang malam ini adalah salah satu inovasi penting bagi ketertinggalan infrastruktur listrik di Pulau Sabu.



Penerangan adalah salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat di sana, dan juga pulau ini memiliki tingkat kekeringan yang tinggi dan curah hujan yang sangat rendah sepanjang tahun.

Pertamina Foundation membantu mulai dari riset, pengadaan barang, uji coba serta biaya untuk melakukan implementasi, karena inovasi ini sangat diperlukan bagi masyarakat di Desa Loburui, Pulau Sabu.

Dukungan penuh ini akhirnya bisa mewujudkan 100 penerangan untuk masyarakat. Untuk mengimplementasikan inovasi ini menghabiskan funding sebesar Rp200 juta untuk dana realisasi di lokasi.



Mefi Boset Dake Winu sebagai Kepala Desa Loburui sangat berterimakasih kepada Pertamina Foundation dan Tiyo Avianto sebagai inovator yang telah membawa penerangan di desanya.

"Saya dedikasikan pengabdian masyarakat ini kepada Bapak Son Kuswadi, karena jasa beliau yang telah membimbing saya. Semoga terangnya sinar lampu di Pulau Sabu ini juga menjadi sinar terang amal ibadah untuk beliau," katanya, Jumat (11/3/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2333 seconds (0.1#10.140)