Semangat Kemandirian dan Patriotisme Pemuda Harus Terus Digembleng

Jum'at, 11 Maret 2022 - 04:01 WIB
loading...
Semangat Kemandirian dan Patriotisme Pemuda Harus Terus Digembleng
Sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk para anggota FKPPI di Sentono Gentong, Pacitan, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
PACITAN - Semangat kemandirian, solidaritas dan jiwa patriotisme harus dimiliki setiap warga masyarakat, terutama pemuda. Oleh karena itu harus terus digembleng

Hal tersebut mencuat pada sosialisasi empat pilar kebangsaan untuk para anggota Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) di Sentono Gentong, Pacitan, Jawa Timur.



"Saya bangga sebagai anak kolong dan keluarga besar FKPPI, yang kita kenal memiliki kecerdasan baik secara emosional, intelektual, dan keterampilan. Asah kemampuan tersebut menjadi pribadi masyarakat yang berguna bagi lingkungan," kata Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan FKPPI, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), dikutip Jumat (11/3/2022).

Dia meminta para anggota FKPPI untuk terus mengasihi (asih) sesama, menjadi jembatan antara generasi muda dan tua dalam spirit kemanusiaan.

Selain itu berbagi ilmu dan pengalaman yang kita miliki, sebagai senior harus bisa mengasuh (asuh) yang junior. "Saling membina dalam lingkungan ini agar menjadi kawasan yang lebih aman, adil, terdidik dan beradab," lanjut anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat itu.

Hal yang tidak kalah penting adalah memupuk jiwa kemandirian secara pribadi, sosial, ekonomi, dalam rangka mempertahankan keamanan, baik lingkungan, ketahanan pangan, atau yang lainnya.



Dia berharap agar FKPPI khususnya di Kabupaten Pacitan bisa terus menjadi pribadi, masyarakat dan organisasi yang mandiri. Tak kalah penting, yakni mampu bekerja keras untuk menciptakan sebuah ruang ide, gagasan, kreativitas, maupun semangat agar bermanfaat untuk sesama, bukan hanya sekadar menunggu dari bantuan negara.

"Jika dua poin yang sudah saya sampaikan bisa dijalankan, InsyaAllah FKPPI akan menjadi bagian dalam membela dan memajukan negaranya," tandasnya. Dalam kegiatan sosialisasi juga dilakukan aksi penanaman pohon.

Sementara, Ketua Pengurus Cabang FKPPI 1301 Kabupaten Pacitan, Sanyoto berharap dengan serangkaian kegiatan yang sudah dilakukan bisa menyambung silaturahmi dan bisa dilanjutkan di masa yang akan datang.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.1060 seconds (0.1#10.140)