Status Zona Resiko Rendah, Banyumas Siap Terapkan New Normal

Selasa, 16 Juni 2020 - 05:33 WIB
loading...
Status Zona Resiko Rendah, Banyumas Siap Terapkan New Normal
Bupati Achmaf Husein saat berbincang dengan warga dan perawat yg dinyatakan sembuh dari COVID-19. FOTO : MNC Media/ Saladin Ayyubi
A A A
BANYUMAS - Banyumas menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang siap menerapkan new normal secara bertahap. Kota mendoan ini mendapat lampu hijau dari provinsi, sebab penilaian dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Banyumas kini statusnya masuk zona resiko rendah.

“Dari penilaian Dinas Kesehatan, Banyumas sudah zona resiko rendah dan layak menerapkan new normal secara bertahap,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein usai menerima kunjungan pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 di Kompleks Pendapa Sipanji, Senin (15/06/2020).

Husein mengatakan, perubahan status Banyumas dari zona risiko tinggi menjadi zona resiko rendah berkat upaya kerja keras tim Gugus Tugas COVID-19 dan kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di Jateng ada dua yang masuk zona risiko rendah, Banyumas dan Wonosobo. Sama sama pernah zona risiko tinggi, kini sudah berubah tentu karena perjuangan dan ikhtiar semua pihak. Kondisi seperti ini harus dipertahankan, maka saya minta masyarakat tetap mengikuti himbauan pemerintah,” ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto menerangkan, indikator penilaian dari Dinas Kesehatan Prov Jateng yaitu adanya penurunan jumlah kasus positif, penurunan jumlah ODP dan PDP.

Kemudian penurunan jumlah kasus positif yang meninggal, penurunan kasus ODP dan PDP yang meninggal, serta penurunan kasus pasien ODP dan PDP yang dirawat di rumah sakit, selama dua minggu terakhir dari puncak.

“Jadi harus ada tren positif penurunan kasus. Berikutnya wajib ada kenaikan jumlah pasien yang sembuh dan selesai pemantauan bagi ODP dan PDP,” kata Sadiyanto.(Baca juga : Pekan Depan, Bupati Batang Perbolehkan Orkes dan Hajatan Manten Digelar )

Dalam laman covid19.banyumaskab.go.id, data per 15 juni memperlihatkan masih ada sebanyak 34 ODP, 14 PDP (dirawat), dan 8 yang positif. Hingga saat ini, dari total 70 pasien positif COVID-19, 4 meninggal dunia dan 58 dinyatakan sembuh.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1670 seconds (0.1#10.140)