Antisipasi Banjir, Saluran Drainase yang Tersumbat di Kuala Pembuang Harus Dibersihkan

Rabu, 09 Maret 2022 - 04:41 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Saluran Drainase yang Tersumbat di Kuala Pembuang Harus Dibersihkan
Anggota DPRD Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten untuk melakukan perawatan terhadap saluran drainase yang ada di wilayah dalam Kota Kuala Pembuang. iNews TV/Sigit
A A A
SERUYAN - Anggota DPRD Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten untuk melakukan perawatan terhadap saluran drainase yang ada di wilayah dalam Kota Kuala Pembuang.

"Karena kalau kita lihat di lapangan, banyak saluran drainase yang dipenuhi oleh tumbuhan liar maupun sampah-sampah. Kalau saluran drainase itu sudah dipenuhi oleh sampah dan lain sebagainya, tentu akan tersumbat dan tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Ini harus diperhatikan oleh pemerintah daerah," kata Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto, Selasa (8/3/2022).

Khususnya untuk saluran drainase yang ada di dalam kawasan Kota Kuala Pembuang seperti disepanjang ruas jalan A. Yani. Karena bila sudah memasuki musim penghujan, dibeberapa titik air akan mulai merembes hingga ke badan jalan.

"Bahkan tidak jarang juga di beberapa titik dalam kota kita itu terendam banjir. Makanya untuk masalah saluran drainase ini harus betul-betul diperhatikan," pintanya.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, pemerintah daerah melalui dinas terkait seharusnya bisa melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap saluran drainase tersebut secara rutin dan berkala.

Hal ini dimaksudkan agar saluran tersebut berfungsi dengan baik dan bisa mencegah terjadinya genangan air atau banjir sampai ke jalan raya ataupun pemukiman warga. Baca: Mobil Tabrak Tiang Listrik, Mantan Sekda Aceh Barat Daya Meninggal.

Disamping itu, dirinya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah setempat agar jangan sampai membuang sampah sembarangan apalagi ke saluran drainase.

"Saya rasa untuk anggaran pemeliharaan itu ada di dinas, jadi seharusnya jangan dibiarkan sampai dipenuhi oleh tumbuhan liar ataupun tersumbat oleh sampah-sampah," jelasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4009 seconds (11.252#12.26)