Angin Puting Beliung Terjang 10 Kecamatan di Karawang

Minggu, 06 Maret 2022 - 10:09 WIB
loading...
Angin Puting Beliung Terjang 10 Kecamatan di Karawang
Angin puting beliung terjang 10 kecamatan di Karawang.Foto/ilustrasi
A A A
KARAWANG - Angin puting beliung menerjang 10 kecamatan di Karawang, merusak ratusan rumah. Dampak paling parah terjadi di Kecamatan Cilamaya Wetan yang menerjang 6 desa dan merusak 109 rumah warga. Kerusakan rumah warga terjadi akibat terjangan angin dan sebagian karena tertimpa pohon tumbang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, angin puting beliung terjadi pada Sabtu (5/3/22) sore dan menerjang 10 kecamatan di Karawang. Kebanyakan kecamatan yang diterjang angin puting beliung berada diwilayah pesisir Karawang.

Baca juga: Viral Anak Baduy Kebal Jarum Suntik Saat Divaksin, Begini Faktanya

"Kemarin itu terjadi angin puting beliung dalam waktu bersamaan di 10 kecamatan. Namun yang paling parah di Kecamatan Cilamaya Wetan yang berdampak di 6 desa dan merusak 109 rumah. Sementara di kecamatan lainnya hanya beberapa rumah saja," kata Yasin, Minggu (6/3/22).

Menurut Yasin 6 desa di Kecamatan Cilamaya Wetan yaitu Desa Cikalong, Cikarang, Muara Baru, Rawagempol, Mekarmaya dan Desa Muara Lama. Dari 6 desa tersebut berdampak kepada 89 Kepala Keluarga dan 238 jiwa.

"Kebanyakan kerusakan rumah dibagian atap karena genting berterbangan akibat terjangan angin. Kemudian kerusakan juga akibat pohon tumbang menimpa rumah. Petugas kami sedang melakukan pendataan di 10 kecamatan," katanya.

Yasin mengatakan, angin puting beliung terjadi sekitar 20 menit menerjang rumah warga. Atap rumah warga porak poranda di terjang angin yang bertiup kencang. "Kebanyakan kerusakan rumah warga dibagian atap. Namun ada juga rumah warga yang mengalami rusak parah akibat ketiban pohon tumbang," katanya.

Menurut Yasin, petugas BPBD diterjunkan kr lokasi bencana untuk membantu warga yang mengalami musibah angin puting beliung. Jika kerusakan ringan, seperti hanya merusak beberapa atap genting, petugas langsung memperbaiki saat itu juga. Namun jika mengalami kerusakan berat menunggu hasil verifikasi petugas. "Masih dihitung tingkat kerusakan rumah warga yang terdampak. Pemerintah sudah menyediakan anggaran untuk perbaikan," katanya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)