500 Pedagang Pasar di Blitar Jalani Rapid Test, 16 Reaktif

Senin, 15 Juni 2020 - 16:20 WIB
loading...
500 Pedagang Pasar di Blitar Jalani Rapid Test, 16 Reaktif
Para pedagang di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Blitar, menjalani rapid test untuk deteksi dini penularan COVID-19. Foto/iNews TV/Robby Ridwan
A A A
BLITAR - Ratusan pedagang di pasar-pasar tradisinal yang ada di Kabupaten Blitar , dan Kota Blitar, menjalani rapid test untuk deteksi dini penularan COVID-19.

(Baca juga: Seorang Pejabat Inspektorat Pemprov Jatim Positif COVID-19 )

Dari 500 orang yang dirapid test, 16 orang di antaranya dinyatakan reaktif. Sebanyak 16 pedagang di pasar tradisional tersebut, langsung menjalani tes swab untuk memastikan positif COVID-19 atau tidak.

Selanjutnya, para pedagang yang hasil rapid testnya reaktif langsung diminta untuk isolasi mandiri selama 14 hari. Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, juga melakukan penyemprotan disinfektan di pasar-pasar tradisional, untuk memutus rantai penularan COVID-19 .

(Baca juga: Facebook Dalam Pengawasan Sejak Akuisisi Giphy )

Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Blitar , Krisna Yekti mengatakan, masyarakat diimbau untuk melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah.

"Kami juga mengimbau, agar masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal ini penting dilakukan, untuk memutus mata rantai penularan COVID-19," ujarnya.

(Baca juga: Lakoni Laga Tertutup, Kapten Liverpool Janji Tak Banyak Teriak )

Selain 16 pedagang yang hasil rapid testnya reaktif, dia menyebutkan ada dua Orang Tanpa Gejala (OTG) yang hasil tes swabnya positif. "Keduanya akan berangkat kerja keluar kota, sehingga harus menjalani tes swab, dan hasilnya positif COVID-19 . Kami minta untuk isolasi mandiri," terang Yekti.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)