Sowan Kiai Sepuh di PWNU Jatim, Puan Dapat Pesan soal Gotong Royong

Rabu, 02 Maret 2022 - 08:10 WIB
loading...
Sowan Kiai Sepuh di PWNU Jatim, Puan Dapat Pesan soal Gotong Royong
Ketua DPR RI Puan Maharani usai bersilaturahmi dengan para kiai, masyayikh dan pengurus PWNU Jawa Timur.Foto/lukman
A A A
SURABAYA - Ketua DPR RI Puan Maharani bersilaturahmi dengan para kiai, masyayikh dan pengurus PWNU Jawa Timur (Jatim). Dalam pertemuan itu, Puan menyatakan ingin terus membangun hubungan yang pernah dilakukan Soekarno dan tokoh-tokoh NU.

"Membangun bangsa Indonesia ini tidak bisa jika tidak dilakukan dengan bergotong royong. Untuk itu, saya datang ke PWNU Jatim ini ingin bersilaturahmi dengan para kiai, alim ulama dan para masyayikh yang ada di Jatim," ujar Puan, di teras Kantor PWNU Jatim, Selasa (1/3/2022).

Baca juga: Nyi Ageng Serang, Panglima Perang Perempuan Penakluk Hati Hamengku Buwono II

Hadir sejumlah kiai sepuh NU di antaranya Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Agoes Ali Masyhuri atau Gus Ali, dan Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar

Puan mengatakan, sejak dulu Bung Karno, panggilan karib Soekarno telah menjalin hubungan kedekatan dengan Rois Akbar PBNU KH Hasyim Asy'ari. Kemudian jalinan kedekatan itu dilanjutkan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang pernah menjabat Ketua Umum PBNU dan Presiden RI keempat.

"Saya sebagai cucu Bung Karno ingin terus melanjutkan kedekatan hubungan itu. Apalagi Jawa Timur terasa sangat spesial, karena Bung Karno lahir dan besar di Jawa Timur, serta dimakamkan di Jawa Timur pula. Sehingga ada semacam kedekatan psikologi bagi saya," ungkapnya.

Menurut Puan, jalinan silaturahmi ini sangat penting dilakukan untuk membangun bangsa dan negara Indonesia. Sebab tidak akan mungkin bisa membangun Indonesia jika tidak ada sinergi dan gotong royong dengan seluruh lapisan masyarakat, termasuk dengan NU.

"Tadi saya dapat wejangan dari Gus Ali. Beliau berpesan kepada saya bahwa inti dari silaturahim adalah gotong royong. Itu sejalan dengan inti Pancasila yaitu gotong royong. Untuk itu, saya ingin terus menjalin membangun kedekatan NU dengan PDI Perjuangan, untuk membangun bangsa dan negara Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PWNU Jatim KH Marzuqi Mustamar dalam kesempatan itu menyatakan, Indonesia bisa merdeka berkat kerjasama dengan para ulama dan kaum nasionalis. "Maka oleh karena itu, kami ingin menjaga bangsa Indonesia bersama-sama ulama dan kaum nasionalis," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)