Bupati Gowa Minta Pegawai Damkar Tingkatkan Kualitas

Selasa, 01 Maret 2022 - 14:22 WIB
loading...
Bupati Gowa Minta Pegawai Damkar Tingkatkan Kualitas
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-103 Pemadam Kebakaran (Damkar) secara virtual, Selasa (1/3/2022). Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan meminta pegawai Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya.

Hal ini disampaikan Adnan saat mengikuti Upacara Peringatan HUT ke-103 Damkar dan Penyelamatan Tahun 2022 secara virtual di Peaceroom A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Selasa (1/3).

Baca Juga: Adnan
"Karena fungsi Damkar saat ini bukan hanya pihak pemadaman kebakaran. Tetapi fungsinya juga sudah masuk menjadi penyelamatan, misalnya menyelematkan manusia dari sarang tawon dan ataupun hewan-hewan lainnya yang ditemukan di rumah dan lingkungan sekitar," ungkapnya.



Dirinya menyebutkan, dalam menjalankan tugas, Damkar mengenal istilah Panca Dharma yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelematan, pemberdayaan masyarakat dan penanganan bahan berbahaya.

"Jadi inilah ruang lingkup pemadam kebakaran, jadi misalnya penanganan sarang tawon dan ular, ini merupakan salah satu bentuk rescue atau penyelamatan, yaitu menyelamatkan manusia dari serangan tawon," ungkapnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)