PPKM Level 3 Berimbas Penurunan Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Bandung Barat

Senin, 28 Februari 2022 - 13:43 WIB
loading...
PPKM Level 3 Berimbas Penurunan Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Bandung Barat
Wisatawan yang datang ke objek wisata Dago Dream Park Lembang, KBB, pada libur kali ini masih dibawah carrying capacity 25% karena masih diterapkan PPKM Level 3. Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat ( PPKM ) Level 3 di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang merupakan aglomerasi Bandung Raya memberikan dampak cukup besar pada sektor pariwisata.

Publik Relation Dago Dream Park Lembang, Revi Laurentius mengatakan, imbas diberlakukannya PPKM Level 3 kunjungan wisatawan mengalami penurunan. Termasuk pada saat libur long weekend kali ini pengunjung juga normal tidak ada peningkatan signifikan.

Baca juga: Pengunjung Membeludak hingga Mobil Mogok Penyebab Kawasan Puncak Macet Parah

"PPKM ada dampaknya, pengunjung jadi turun. Kalau dibandingkan kondisi normal bisa 70%, karena kan ada carrying capacity 25%," ucapnya, Senin (28/2/2022).

Menurutnya, wisatawan yang biasa datang ke Dago Dream Park kebanyakan dari Jabodetabek. Adanya PPKM Level 3 dan aturan ganjil genap diperjalanan pastinya mengurangi mobilitas wistawan yang hendak ke luar daerah. Sehingga tamu ke objek wisata pastinya tidak akan maksimal.

Sehingga adanya kebijakan dari pemerintah itu, diakuinya cukup berpengaruh terhadap tingkat kedatangan wisatawan. Pengunjung di hari biasa bahkan jumlahnya paling sekitar ratusan. Padahal kapasitas tempatnya pada kondisi normal bisa menampung 10.000 pengunjung.

"Paling di weekend kunjungan sekitar 1.500 sampai 2.000, kalau hari biasa sekitar 500-700 wisatawan, dan bisa menikmati total sebanyak 30 wahana yang ditawarkan," sebutnya.

Pengelola wisata lainnya, General Manager Taman Wisata Grafika Cikole Lembang, Sapto Wahyudi mengaku tamu yang datang pada libur panjang kali ini kebanyakan adalah warga lokal Bandung Raya. Mereka sistemnya pun yang datang lalu pesen tempat, bukan dijadwalkan jauh-jauh hari.

"Tamu ada, cuma gak ramai karena sekarang masih PPKM Level 3. Kebanyakan wisatawan lokal yang datang bersama keluarga," terangnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1747 seconds (0.1#10.140)