Bangun Ekosistem Digital secara Masif, bank bjb Gandeng Amazon Web Service dan DCI Indonesia

Rabu, 23 Februari 2022 - 16:11 WIB
loading...
Bangun Ekosistem Digital secara Masif, bank bjb Gandeng Amazon Web Service dan DCI Indonesia
bank bjb menggandeng perusahaan IT besar untuk pengembangan digitalisasi di kawasan PT DCI Indonesia, Cikarang, Bekasi, Rabu (23/2/2022).
A A A
BANDUNG - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi untuk pengembangan digitalisasi. Kerja sama dibangun untuk mendukung IT digital enablement guna modernisasi infrastruktur menuju era digital dengan ISO 20000 dan ISO 27001.

Kerja sama pengembangan digitalisasi bank bjb dilakukan dengan Amazon Web Service (AWS), PT DCI Indonesia, serta Alibaba Cloud. Seremonial acara digelar di kawasan PT DCI Indonesia, Cikarang, Bekasi, Rabu (23/2/2022). Pada kesempatan itu juga diberikan dua sertifikat ISO 20000 dan ISO 27001, serta Rekor MURI.

Hadir Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi, Direktur Information Technology, Treasure, & International Banking bank bjb Rio Lanasier, Direktur Operasional Teddy Setiawan, Presiden Direktur DCI Indonesia Toto Sugiri, Strategic Account Lead AWS Yos Vicenzo, dan lainnya.

DCI merupakan data center Tier IV pertama di Asia Tenggara yang mampu memberikan layanan infrastruktur data center yang handal, aman, terpercaya sesuai dengan standar operasional global. DCI menjamin SLA 99.999 persen atau waktu downtime maksimal 5 menit dalam setahun. Melalui kerja sama ini, DCI terus berupaya memberikan kualitas data center terbaik guna menunjang pertumbuhan bisnis bank bjb di era transformasi digital.

Sementara bank bjb pun melakukan kerja sama dengan Amazon Web Service (AWS). AWS merupakan penyedia platform cloud paling komprehensif dan digunakan secara luas di dunia yang menawarkan lebih dari 200 layanan unggulan.

Sedangkan Alibaba Cloud adalah penyedia ratusan produk dan layanan teknologi terdepan berstandar internasional, yang juga menyediakan layanan CyberSecurity. Alibaba Cloud Indonesia adalah satu-satunya yang memiliki scrubbing center dan 3 data center di Indonesia.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bank bjb sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang mendukung transformasi digital di Indonesia telah menerapkan strategi digital enablement dalam melakukan transformasi digital. Digital enablement merupakan langkah-langkah untuk mendukung transformasi digital bank bjb dalam rangka mengadopsi teknologi yang robust dan up-to-date.

“Kerja sama tersebut bank bjb dengan AWS, Alibaba dan DCI adalah bukti komitmen bank bjb dalam membangun ekosistem digital yang lebih masif untuk mendukung penerapan Digital Enablement di bank bjb,” ujarnya.

Melalui kerja sama dengan banyak pihak itu, Yuddy berharap akan mendorong percepatan digitalisasi bank bjb. Saat ini, digitalisasi telah menjadi komitmen bank bjb dalam menggarap layanan perbankan. bank bjb berkomitmen menjadi bank digital besar di Indonesia. "Bank digital sekarang sudah menyalip bank konferensional. Artinya fenomena industri keuangan digital sudah harus menjadi perhatian serius. bank bjb akan menuju kearah sana," katanya.

Selama ini, bank bjb telah melakukan berbagai inovasi teknologi. Hasil yang didapatkan pun cukup baik, di mana jumlah pengguna akun digital naik beberapa kali lipat dengan pertumbuhan cukup fantastis. "Sejauh ini, digitalisasi bank bjb telah berkontribusi terhadap fee base income dengan komposisi hingga 40 persen," pungkas Yuddy. Advertorial
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)