Resmikan Underpass Pertama Cimahi di Tanggal Cantik, Ridwan Kamil: Ini Peristiwa Bersejarah

Selasa, 22 Februari 2022 - 18:28 WIB
loading...
Resmikan Underpass Pertama Cimahi di Tanggal Cantik, Ridwan Kamil: Ini Peristiwa Bersejarah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meresmikan Underpass Sriwijaya Kota Cimahi yang diharapkan bisa jadi solusi kemacetan di sekitar kawasan tersebut. Foto: MPI/Adi Haryanto
A A A
CIMAHI - Underpass Sriwijaya Kota Cimahi yang menghubungkan Jalan Dustira dengan Jalan Sriwijaya dan telah dibangun sejak tahun lalu, akhirnya mulai digunakan oleh masyarakat umum .

Peresmian underpass sepanjang 850 meter dengan lebar 9 meter itu langsung dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang hadir di Kota Cimahi, Selasa (22/2/2022).

"Hari ini ditanggal 22, di bulan 2, di tahun 2022, jam 2, ada peristiwa bersejarah. Kita meresmikan penggunaan underpass pertama di Cimahi, Underpass Sriwijaya," kata Ridwan Kamil.

Resmikan Underpass Pertama Cimahi di Tanggal Cantik, Ridwan Kamil: Ini Peristiwa Bersejarah



Pembangunan underpass yang menembus jalur kereta Bandung-Jakarta tersebut anggarannya berasal dari bantuan APBD Pemprov Jabar senilai Rp105 miliar. Sementara untuk pembebasan lahannya menjadi tanggung jawab Pemkot Cimahi.



Ridwan Kamil menyakini jika keberadaan underpass tersebut akan mampu mengurai kemacetan yang kerap terjadi di kawasan Jalan Dustira dan Sriwiaya. Selain itu, imbas positif lainnya perekonomian juga pastinya akan meningkat.

"Mudah-mudahan warga Cimahi bisa menerima dan menjaganya dengan baik. Titip, ini infrastruktur yang tidak murah, maka rawat jangan sampai kotor," ucapnya.



Pihaknya juga berencana akan membuat Underpass Gatot Subroto yang lokasinya berdekatan namun di bagian sisi yang lain. Saat ini underpass tersebut prosesnya sudah dibuatkan Detail Engineering Design (DED). "Ada rencana, sedang dirancang dulu, nanti setelah itu baru kita eksekusi," sambungnya.

Salah seorang warga Cimahi, Rini (32) mengaku senang dan bangga dengan diresmikannya Underpass Sriwijaya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Semoga bisa mengurai kemacetan di sekitar Jalan Dustira dan menjadi ikon kemajuan Kota Cimahi.

"Seneng akhirnya bisa diresmikan dan dipakai. Semoga gak macet lagi dan semoga bisa dirawat oleh warga Cimahi agar tidak kotor," imbuhnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)