Gubernur Ganjar Ziarah ke Makam Kiai Hisyam: Ajaran Simbah Terus Dilestarikan

Sabtu, 19 Februari 2022 - 19:20 WIB
loading...
Gubernur Ganjar Ziarah ke Makam Kiai Hisyam: Ajaran Simbah Terus Dilestarikan
Gubernur Ganjar ziarah ke Makam Kiai Hisyam. Foto: Istimewa
A A A
PURBALINGGA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berkunjung ke Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga. Di sini, Ganjar berziarah ke makam Kiai Hisyam A Karim sambil berdoa secara khusyu.

Diketahui, pondok ini didirikan oleh KH Hisyam Abdul Karim. Sebuah pondok sekaligus pusatnya laskar santri melawan penjajahan Belanda. Kyai Hisyam adalah kakek dari istri Ganjar Pranowo, Siti Atiqoh Supriyanti.



“Ini keluarga sebenarnya. Kemarin kebetulan (salah satu saudara) om meninggal dan baru bisa takziyah hari ini. Sekaligus mampir karena di sini ada makam keluarga dari istri dan di sini juga keluarga besar istri lahir. Simbah (KH Hisyam Abdul Karim) dulu yang mendirikan pondok ini," kata Ganjar Pranowo, Sabtu (19/2/2022).

Ganjar mengaku senang pondok pesantren ini terus berkembang yang dirintis oleh anak-cucu KH Hisyam. Ganjar punya harapan agar santri di ponpes tersebut meniru apa yang sudah ditelurkan oleh Mbah Hisyam.

“Hari ini anak cucunya mulai mencoba mengembangkan kawasan pondok seperti yang ini ada gedung baru, santri sudah mulai tambah, Madrasah Aliyahnya sudah ada," ungkapnya.



“Semoga ajaran Simbah Kyai Hisyam bisa terus kita lestarikan dan kembangkan untuk mendidik mental para santri mencintai republik ini," tutur Ganjar.

Dalam kesempatan itu, Ganjar turut menyapa warga dan para santri. Ganjar mengajak para lansia dan santri ikut vaksin untuk mencegah penyebaran COVID-19.

“Sehat mbah? Sampun divaksin dereng (sudah divaksin belum)?” tanya Ganjar ke para lansia di lokasi.

Sampun (sudah),” saut para lansia.

Loro opo telu (dosis satu atau dua) ? Sehat ya. Sing sepuh yang belum divaksin, divaksin ya ya, sampai telu (sampai dosis ketiga),” pinta Ganjar.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2355 seconds (0.1#10.140)