Aceh Jadi Jalur Penyelundupan Narkoba, DPR Minta BNN Tambah Personel

Jum'at, 18 Februari 2022 - 19:06 WIB
loading...
Aceh Jadi Jalur Penyelundupan Narkoba, DPR Minta BNN Tambah Personel
DPR meminta penambahan personel BNNP Aceh untuk memperketat pengawasan pelabuhan tikus yang sering dipakai para penyelundup narkoba. Foto/Ist
A A A
BANDA ACEH - Kepala Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh (BNNP) Aceh, AKBP Mirwazi mengungkap kendala dalam mengawasi pelabuhan tikus di pesisir pantai timur Aceh.

Padahal pelabuhan tikus sering dijadikan pintu masuk penyelundupan narkoba. Minimnya personel menyebabkan penyelundupan narkoba ke Aceh dari jalur laut dalam jumlah besar masih sering terjadi.



Menanggapi hal ini, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni menyatakan, jika BNNP Aceh kekurangan personel maka hal ini perlu menjadi perhatian bagi BNN Pusat. Hal itu mengingat jalur dari Aceh merupakan salah satu rute yang kerap menjadi lalu lintas narkoba di tanah air.

"Menurut saya hal ini patut diberi perhatian oleh BNN Pusat ya, mengingat jalur laut memang menjadi salah satu pintu utama yang digunakan para penyelundup narkoba untuk memasukkan barang haram ke Indonesia," kata Sahroni kepada wartawan, Jumat (18/2/2022).

Oleh karena itu, jika yang dibutuhkan adalah tambahan personel atau fasilitas maka sudah selayaknya segera dikirim.

"Jangan sampai narkoba dari luar keburu masuk ke Indonesia, apalagi keburu sampai ke tangan-tangan para pengguna. Kita harus mencegah dari sejak di perbatasan," tegasnya.


Selain itu, dia juga menekankan pentingnya kelengkapan personel maupun infrastruktur dalam upaya pemberantasan narkoba. Khususnya di wilayah-wilayah perbatasan yang kerap menjadi sarana lalu lintas narkoba internasional.



Dia menegaskan bahwa BNN di daerah, khususnya yang wilayahnya kerap menjadi lalu lintas narkoba internasional sudah seharusnya memiliki personel dan fasilitas yang memadai.

"Hal ini karena mereka pintu gerbang, titik awal masuknya narkoba ke Indonesia, jadi kita tidak bisa menutup mata. Perlu ditekankan bahwa haram hukumnya narkoba masuk ke Indonesia," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3971 seconds (0.1#10.140)