Longsor, jalur Soreang-Ciwidey lumpuh

Senin, 19 November 2012 - 08:23 WIB
Longsor, jalur Soreang-Ciwidey lumpuh
Longsor, jalur Soreang-Ciwidey lumpuh
A A A
Sindonews.com - Longsor yang terjadi di Desa Sadu, Soreang, Bandung, Jawa Barat (Jabar), membuat Jalan Soreang-Ciwidey terputus.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, jalan sepanjang 100 meter dari Soreang-Ciwidey-Bandung, macet total.

"Longsor menyebabkan jalan macet total," kata Sutopo Purwo Nugroho, melalui siaran persnya, Senin (19/11/2012).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Ujwalprana Sigit menambahkan, jalan dari Jalur Soreang-Ciwidey-Bandung tidak bisa dilalui secara dua arah.

"Ya jalur lumpuh, orang yang menuju Ciwidey tidak bisa, juga sebaliknya," kata Sigit, saat dihubungi wartawan.

Antrean kendaraan terjadi tak lama setelah longsor, sekira pukul 21.00 WIB, Minggu 18 November 2012. Longsoran terjadi, dengan panjang sekira 10 meter dengan ketinggian sekira tiga meter.

Tim evakuasi telah melakukan pengerukan longsoran dengan alat berat. Diperkirakan tinggi longsoran mencapai tiga meter. Pihaknya juga masih mencari dua korban longsor yang tertimbun.

"Kita harap tidak terjadi hujan saat pencarian. Kalau hujan akan sulit melakukan pencarian," harapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, longsor terjadi pada Minggu malam sekira pukul 20.00 WIB, akibat hujan deras sebelumnya. Penggalian pasir di atas bukit juga berpengaruh terhadap longsor. Akibatnya, empat bangunan tertimpa longsor yang digunakan untuk tambal ban, tukang las dan pedagang batu. Saat ini masih ada dua orang tertimbun longsor yaitu Rostini (30) dan Tresna Asih Siti (9).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.9184 seconds (0.1#10.140)