Habiskan Dana BOS Rp8 Miliar, Pengadaan Buku di Lutim Disorot

Kamis, 17 Februari 2022 - 21:29 WIB
loading...
Habiskan Dana BOS Rp8 Miliar, Pengadaan Buku di Lutim Disorot
Pengadaan buku mata pelajaran terbitan Lontara Pusaka yang menghabiskan dana BOS Rp8 miliar disorot karena kualitasnya dinilai kurang baik. Foto: SINDOnews/Fitra Budin
A A A
LUWU TIMUR - Pengadaan buku mata pelajaran terbitan Lontara Pusaka untuk SD dan SMP di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) disorot. Kualitas buku dikeluhkan, padahal anggaran pengadaan cukup besar.

Sekadar diketahui, pengadaan buku tersebut menelan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) Rp8 miliar. Adapun pengadaannya dilakukan sejak 2021 lalu.



Kepala SMPN 5 Malili, Sukmawati, menjelaskan harga buku terbitan Lontara Pusaka bervariasi. Mulai dari Rp18 ribu, tapi rata-rata berkisar Rp20 ribu ke atas.

"Iya, harganya bervariasi itu, Rp 18 ribu ke atas," kata dia.

Sementara itu, Guru SMP 2 Malili, menilai bahwa buku yang diedarkan untuk sekolah itu memliki kualitas yang tidak terlalu bagus.

"Harusnya lebih bagus lagi. Mudah-mudahan ke depannya kualitasnya bisa lebih bagus lagi," tuturnya.

Baca Juga: bukuDinas Pendidikan Luwu Timur.

Terdata ada sekitar 30.360 murid SD yang tersebar di 154 satuan pendidikan. Sedangkan untuk pelajar SMP, jumlahnya mencapai 11.020 yang tersebar di 45 satuan pendidikan.

Untuk SD, ada enam item buku terbitan Pusaka Lontara. Sedangkan SMP, ada 10 item buku dengan mata pelajaran yang berbeda-beda.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1489 seconds (0.1#10.140)