4 Desa di Gowa Diusul Masuk Program Antikorupsi Binaan KPK

Kamis, 17 Februari 2022 - 20:03 WIB
loading...
4 Desa di Gowa Diusul Masuk Program Antikorupsi Binaan KPK
Penjabat Sekretaris Kabupaten Gowa, Kamsina, saat mengikuti Koordinasi Awal dengan KPK RI Terkait Desa Antikorupsi secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Kamis (17/2/2022). Foto: Dok Pemkab Gowa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berupaya menggiatkan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi di wilayahnya. Salah satunya dengan meningkatkan peran serta masyarakat, termasuk melibatkan peran dari pemerintahan desa.

Bekerja sama dengan KPK melalui Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Pemkab Gowa mengusulkan empat desa untuk dibina menjadi Desa Antikorupsi .

Penjabat Sekretaris Kabupaten Gowa , Kamsina, mengatakan awalnya hanya ada tiga desa. Masing-masing yakni Desa Bontobiraeng di Kecamatan Bontonompo, Desa Lempangang di Kecamatan Bajeng, dan Desa Pattallassang di Kecamatan Pattallassang.



"Kemudian kami usulkan satu desa lagi yaitu Desa Pakkatto di Kecamatan Bontomarannu sehingga menjadi empat desa," kata Kamsina, saat ditemui usai melakukan Koordinasi Awal dengan KPK RI Terkait Desa Antikorupsi secara virtual di Peace Room A’Kio, Kantor Bupati Gowa, Kamis (17/2/2022).

Menurut Kamsina, ada lima komponen dan indikator untuk menjadi Desa Antikorupsi yaitu Penataan Tatalaksana, Penguatan Pengawasan, Penguatan Kualitas Pelayanan Publik, Penguatan Partisipasi Masyarakat, dan Kearifan Lokal.

Nantinya empat desa yang diusulkan akan dilakukan observasi dan pembinaan untuk memenuhi indikator tersebut.

"Tadi kita meeting ini untuk memastikan jadwal tim dari KPK untuk observasi. Saat datang tim ini akan diterima oleh Bapak Bupati kemudian melakukan observasi dan salah satunya dipilih untuk dijadikan lokasi launching," tuturnya.

Lebih jauh, ia bilang setelah launching akan dilakukan bimbingan teknis program. Kemudian akan dilakukan penilaian komponen dan akhirnya jika memenuhi kriteria maka akan dilaksanakan penganugerahan Desa Antikorupsi .

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3321 seconds (0.1#10.140)