PDIP Sumbar Bagikan 575 Baju Hazmat dan 10.100 Masker Medis di Padang

Sabtu, 13 Juni 2020 - 19:58 WIB
loading...
PDIP Sumbar Bagikan 575 Baju Hazmat dan 10.100 Masker Medis di Padang
PDIP Sumatera Barat (Sumbar) membagikan masker standar medis dan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat untuk 23 Puskemas) di 11 kecamatan di Kota Padang. Foto/Ist
A A A
PADANG - Ketua DPD PDIP Sumatera Barat (Sumbar) Alex Indra Lukman menyalurkan masker standar medis dan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat untuk 23 Puskemas) di 11 kecamatan di Kota Padang. Bantuan juga dibagikan ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof HB Saanin, Rumah Sakit Tentara (RST) Dr Reksodiwiryo, RS Bhayangkara Sumbar dan RS Yos Sudarso. Langkah ini dilakukan sebagai upaya mencegah penularan COVID-19 .

“Masker medis dan baju hazmat ini merupakan dedikasi Ketua Umum DPP PDI Ibu Megawati Soekarnoputri untuk paramedis yang merupakan pejuang garis depan dalam melawan COVID-19,” ungkap Alex Indra Lukman dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (13/6/2020). (Baca juga: 4 Warga Rumbia Jeneponto Hilang Terseret Banjir dan Longsor)

Distribusi bantuan tersebut dilakukan para kader PDIP sejak Senin (8/6/2020) hingga Kamis (11/6/2020). Pengurus partai, anggota legislatif dan kader lainnya, juga terjun langsung mendistribusikan 575 potong baju hazmat dan 10.100 potong masker medis. (Baca juga: KM Dharma Rucitra Masih Karam di Padangbai Bali, Evakuasi Sulit Dilakukan)

“Di Bulan Bung Karno ini, PDIP Sumbar mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila 1 Juni dengan ikut kembali bergotong-royong mendistribusikan baju hazmat dan masker standar medis bagi paramedis yang terus berjuang memutus rantai penyebaran COVID-19 di Padang,” ungkap Alex.

Bantuan tahap I dan II itu sengaja dikhususkan bagi Kota Padang karena menjadi daerah dengan kasus COVID-19 terbanyak di Sumbar. Bantuan baju hazmat dan masker standar medis ini juga akan dibagikan ke kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Ada sebanyak 2.500 baju hazmat dan 35.000 masker medis.

“Nantinya, baju hazmat dan masker standar medis ini akan dibagikan pengurus dan kader PDIP tingkat cabang di kabupaten dan kota di Sumbar pada petugas medis kita di puskesmas dan rumah sakit rujukan COVID-19 di daerah masing-masing,” tambah Alex.

Untuk 23 Puskemas di Padang itu, Alex mengalokasikan masing-masingnya sebanyak 15 set baju hazmat dan 300 potong masker standar medis. Sementara, RSJ Prof HB Saanin mendapatkan 15 set baju hazmat dan 300 potong masker standar medis. Untuk RS Bhayangkara, Alex mengalokasikan 70 baju hazmat dan 950 potong masker standar medis.

Selanjutnya, RS Yos Sudarso mendapatkan 75 baju hazmat dan 1.000 potong masker standar medis. Terakhir, RST Dr Reksodiwiryo mendapatkan 70 set baju hazmat 950 potong masker standar medis. “Semoga semangat gotong-royong yang jadi garis perjuangan politik PDI Perjuangan, bisa membangkitkan moral dan semangat paramedis kita yang tengah berjuang menurunkan kurva wabah Virus Corona,” harap Alex.

Puskemas yang mendapatkan bantuan itu yakni Puskesmas Air Dingin Lubuk Minturun, Dadok Tunggul Hitam, Belimbing, Kuranji, Nanggalo Siteba, Lapai, Puskesmas Alai, Air Tawar, Ulak Karang, Padang Pasir, Andalas dan Lubuk Begalung. Kemudian Puskesmas Bungus, Lubuk Kilangan, Rawang, Pemancungan, Seberang Padang, Pauh, Pengambiran, Lubuk Buaya, Anak Air, Ikur Koto serta Puskesmas Ambacang.

Donasi baju hazmat dan masker standar medis ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan PDIP Sumbar. Pada 6-8 Mei 2020 lalu, bersama Fraksi PDIP DPRD Sumbar, telah didistribusikan 900 set APD serta 3.900 potong masker medis kepada RS Bhayangkara, Yos Sudarso, Reksodiwiryo, serta 23 Puskesmas di Kota Padang.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)