Anak-anak Muda di Lumajang Ini Inisiasi Program Jaga Desa

Minggu, 14 Juni 2020 - 09:56 WIB
loading...
Anak-anak Muda di Lumajang Ini Inisiasi Program Jaga Desa
Warga Desa Labruk Kidul Sumbersuko Lumajang bersama Karta Bhakti Yudha Pertiwi dari Heppiii Community sedang melakukan kegiatan pengamanan desa.Foto/ist
A A A
LUMAJANG - Partisipasi semua lapisan masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona atai Covid-19 sangat penting.

Termasuk keterlibatan sekelompok anak muda yang tergabung dalam Karang Taruna Bhakti Yudha Pertiwi Desa Labruk Kidul, Sumbersuko, Lumajang ini. Mereka bergerak cepat mengantisipasi ancaman keamanan sebagai dampak meluasnya pandemi Covid-19.

Pekan ini, mereka menggelar sosialisasi keamanan untuk menjaga desa. Sejumlah program yang digulirkan adalah menghidupkan ronda atau siskamling di desa.

"Banyaknya pengangguran dan remisi kepada sejumlah residivis sebagai dampak wabah COVID-19 menjadi ancaman keamanan di desa kami. Kegiatan menghidupkan kembali siskamling ini juga untuk menjaga budaya yang sudah bertahun-tahun hidup di desa kami," jelas Wachyudi Rosad selaku Ketua Karta Bhakti Yudha Pertiwi Desa Labruk Kidul, Sumbersuko Lumajang, Sabtu (13/6/2020).

Dalam kegiatan sosialisasi keamanan ini, Kartar yang didukung anak-anak muda produktif ini juga melibatkan Polsek Sumbersuko, serta Satgas Keamanan Desa (SKD).

Kapolsek Sumbersuko AKP Sugianto yang didaulat sebagai pembicara mengapresiasi inisiatif dari Karta Bhakti Yudha yang tergabung dalam Heppiii Community Lumajang ini.

"Inisiatif anak-anak muda untuk menjaga desanya dengan mengaktifkan kembali siskamling sangat positif. Ini adalah cara yang sangat baik untuk menjaga budaya dan kearifan lokal yang kita miliki bertahun-tahun," jelas Sugianto.

Untuk menunjang kegiatan siskamling dan patroli desa, pihak desa juga memberikan Handy Talky (HT) kepada satuan keamanan desa. Termasuk juga membangun pemancar HT agar saling terhubung.

Koordinator Heppiii Community Lumajang Miftachul Arif mengatakan kegiatan yang dilakukan oleh karta binaannya ini patut dicontoh. "Apa yang dilakukan oleh karta di Desa Labruk Kidul ini merupakan wujud membangun gotong-royong menjaga desa," katanya.

Gotong-royong menjaga desa ini merupakan warisan para sesepuh terdahulu yang harus terus dipertahankan. "Mari kegiatan seperti ini terus kita perluas agar kehidupan di desa semakin nyaman dan membuat gembira bagi setiap warganya," katanya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4410 seconds (0.1#10.140)