Bupati Sidrap Buka Musyawarah Tudang Sipulung Jelang Musim Tanam

Senin, 14 Februari 2022 - 15:56 WIB
loading...
Bupati Sidrap Buka Musyawarah Tudang Sipulung Jelang Musim Tanam
Bupati Sidrap Dollah Mando saat membuka pelaksanaan Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Terpadu 2022 di Aula Kompleks Perkantoran Sidrap, Kelurahan Batulappa, Kecamatan Watang Pulu, Senin (14/2/2022). Foto: SINDOnews/Andi Mappanyukki
A A A
SIDRAP - Musyawarah Tudang Sipulung (MTS) Terpadu tingkat Kabupaten Sidrap tahun 2022 diselenggarakan di Aula Kompleks Perkantoran Sidrap, Kelurahan Batulappa, Kecamatan Watang Pulu, Senin (14/2/2022). Agenda tahunan ini memasuki musim tanam yang telah menjadi tradisi masyarakat petani bersama seluruh komponen masyarakat Kabupaten Sidrap.

Hal itu disampaikan, Bupati Sidrap, Dollah Mando, saat membuka Musyawarah Tudang Sipulung (MTS).

“Kegiatan ini difasilitasi Pemerintah Kabupaten Sidrap . Dalam musyawarah ini pula, dibahas berbagai masalah pertanian seperti OPT, bencana alam, distribusi pupuk, serta penggunaan benih,” kata dia.



Dollah berpesan dalam MTS tersebut agar segala keputusan yang disepakati dapat diterima dan dilaksanakan seluruh pihak dengan penuh tanggung jawab.

Ketua KTNA Sidrap , Abdul Samad, menyampaikan rumusan MTS berdasarkan hasil pemantauan serta memperhatikan MTS masing-masing kecamatan yang berlangsung 24-31 Januari lalu.

“Juga memperhatikan usulan teknologi pengendalian organisme pengganggu, tanaman dan bencana alam IP3OPT Tiroang, MTS tingkat kabupaten, pertimbangan teknis menyangkut curah hujan, ramalan pallontara, dan narasumber unsur akademisi dan praktisi,” terangnya.

Ia mengimbuhkan untuk jadwal tanam padi musim tanam periode April-September 2022, secara umum luas areal rencana tanam lahan irigasi dan tadah hujan yaitu 48.774 hektare. Diperkirakan panen pada bulan Agustus karena curah hujan saat itu sangat rendah.

Adapun musim tanam periode Oktober 2022-Maret 2023, secara umum luas areal rencana tanam irigasi dan tadah hujan seluas 48.316 hektare, di mana panen diperkirakan Februari-Maret 2023.

Mengenai hama penyakit yang perlu diwaspadai dalam dua musim tanam tersebut, ada 3 jenis yang masuk kategori endemis atau sangat diwaspadai. Ketiganya yaitu tikus, penggerek batang, dan wereng batang coklat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2239 seconds (0.1#10.140)