Pemkab Berencana Bangun Bendungan Dorong Pengembangan Pertanian

Senin, 14 Februari 2022 - 10:21 WIB
loading...
Pemkab Berencana Bangun Bendungan Dorong Pengembangan Pertanian
Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf saat meninjau lokasi rencana pembangunan bendungan. Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba terus mendorong pengembangan disemua sektor, khususnya sektor pertanian. Salah satu penunjang yang akan dihadirkan yakni pembangunan bendungan besar di kawasan Puncak Donggia, Desa Kahayya, Kecamatan Kindang.

Selain pertanian, rencana pembangunan bendungan tersebut nantinya diharapkan dapat menunjang pengairan irigasi, penyediaan air minum untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), pembangkit listrik tenaga hidro dan sektor pariwisata.



Pembangunan bendungan di atas ketinggian 1.400 Mdpl itu rencananya akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Dimana rencana tersebut juga telah dikomunikasikan Bupati Bulukumba, Muchtar Ali Yusuf dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

"Rencana ini (pembangunan bendungan) sudah kita komunikasikan dengan pak Mentan SYL dan beliau akan meneruskan ke Menteri PUPR. Termasuk pak gubernur juga serius dengan rencana ini," terang Muchtar Ali Yusuf.

Menurut Andi Utta sapaan akrab Muchtar Ali Yusuf, keseriusan Gubernur Sulsel telah diawali dengan menurunkan tim teknis untuk meninjau langsung lokasi rencana pembangunan. Dimana rencana terus intens dikomunikasikan.

Kepala Dinas PUPR Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya, mengaku jika berdasarkan hasil tinjauan Seksi Perencanaan PUPR Sulsel menilai jika lokasi tersebut secara visual sangat layak. Meski secara Feasibility Study (FS) masih harus dilakukan kajian untuk menilai kelayakan pembangunan bendungan dilaksanakan di Kahayya.

"Rencana proyek besar ini, tambahnya harus melalui beberapa tahapan proses. Jika FS-nya merekomendasikan layak dibangun, maka selanjutnya akan dibuat desain teknisnya untuk ditawarkan penganggarannya baik di provinsi maupun di pusat,” imbuhnya.

"Kemungkinan besarnya lokasi bangunan bendung berada di sekitar Danau Lurayya sehingga posisi Puncak Donggia saat ini berada akan di tengah genangan," terangnya.

Andi Zulkifli mengaku, rencana Bupati Andi Utta membangun bendungan di Kahayya ini sangat penting didukung oleh semua pihak, oleh karena infrastruktur seperti inilah yang sangat dibutuhkan Kabupaten Bulukumba selama ini untuk menunjang kehidupan masyarakat Bulukumba.

“Jika bendungan ini terbangun, ketersediaan air akan mencakup seluruh kecamatan di Bulukumba, termasuk di Tanjung Bira,” pungkasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1429 seconds (0.1#10.140)