Tragedi Ritual Kanuragan di Pantai Selatan Tewaskan 11 Orang, Ini Kata MUI Jember

Senin, 14 Februari 2022 - 08:28 WIB
loading...
Tragedi Ritual Kanuragan di Pantai Selatan Tewaskan 11 Orang, Ini Kata MUI Jember
Ketua MUI Jember Abdul Haris.Foto/Bambang S
A A A
JEMBER - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jember menanggapi tragedi ritual kanuragan maut di Pantai Payangan, Ambulu, Jember yang menewaskan 11 orang pada Minggu (13/2/2022) dinihari.

Menurut Ketua MUI Jember Abdul Haris, kegiatan ritual apa saja dipersilahkan senyampang tidak menyimpang dari ajaran agama Islam. Jika Padepokan Tunggal Jati Nusantara bernuansa Islam, peribadatan paling pas di masjid.

Baca juga: Melihat Padepokan Tunggal Jati Tempat Para Korban Ritual Kanuragan di Pantai Payangan

"Bukan di pinggir pantai yang sangat berbahaya, apalagi saat ombak besar datang," katanya, Senin (14/2/2022). Dia menegaskan, MUI tidak mengetahui keberadaan pedepokan ini. Namanya baru terdengar setelah kejadian ritual maut itu.

Diberitakan sebelumnya, tragedi maut belasan orang tenggelam di Pantai Payangan, Ambulu, Jember, Jawa Timur masih ditangani aparat setempat. Korban yang tenggelam dan hilang masih dicari.

Musibah berawal saat rombongan hendak melakukan ritual di Pantai Payangan, Dusun Watu Ulo, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Sabtu (12/2/2022) tengah malam hingga Minggu (13/2/2022) dinihari.



Mereka berangkat dari rumah di Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi dengan total 24 orang. Mereka berasal dari Kecamatan Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah. Pada Sabtu (12/2) sekitar pukul 23.00, rombongan tiba di Pantai Payangan untuk bersama-sama melakukan ritual.

Satu jam berikutnya, sekitar pukul 00.00, sebanyak 23 orang mulai melakukan ritual di tepi pantai. Satu orang tidak ikut ritual. Minggu dinihari, skeitar sekitar pukul 00.25 WIB, sebanyak 23 orang ini terseret ombak Pantai Payangan yang datang secara tiba-tiba.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)