Ada Harta Karun di Desa Wadas, Ini Penjelasan Ahli Bumi

Jum'at, 11 Februari 2022 - 13:34 WIB
loading...
Ada Harta Karun di Desa Wadas, Ini Penjelasan Ahli Bumi
Desa Wadas. Foto: Tangkapan layar
A A A
BANDUNG - Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah, akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak pihak. Tak hanya karena polemik yang saat ini terjadi, tetapi juga adanya informasi harta karun bernilai tinggi yang dimiliki wilayah tersebut.

Benarkan daerah ini memiliki sumber daya alam bernilai tinggi?

Menurut Koordinator Mineral pada Pusat Sumber Daya Mineral, Batubara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM, Moehamad Awaludin, daerah Wadas memang termasuk daerah dengan komoditas batu andesit.



Andesit di kawasan ini karena termasuk dalam satuan formasi Kulon Progo atau formasi Andesit Tua. Setidaknya, terdapat dua jenis andesit di Purworejo.

Pertama andesit dalam bentuk batuan beku yang berbentuk Intrusi. Kedua terdapat pada sedimen breksi yang yang merupakan bagian dari formasi Giripurwo.

"Batuan ini pada dasarnya bisa dimanfaatkan untuk bahan bangunan seperti batu urug atau batu pondasi. Secara umum, Andesit di daerah Purworejo yang dalam bentuk Intrusi mempunyai kualitas lebih baik," jelas dia, Jumat (11/2/2022).



Dia pun memastikan, batuan andesit di Wades walaupun bernilai ekonomi. Namun termasuk dalam golongan mineral bukan logam. Material yang ada, bukan material langka atau kritis karena di sekitar daerah tersebut (kabupaten Kulon Progo dan kabupaten Magelang) bahan tersebut banyak ditemui.

"Salah satu kriteria untuk mineral bukan logam kelompok bahan bangunan nilai ekonomisnya, terutama ditentukan oleh akses, yaitu kemudahan penambangan atau pengambilannya serta jauh dan tidaknya dari lokasi penggunaanya," tukasnya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2117 seconds (0.1#10.140)