Gubernur Khofifah Optimistis Sentra Batik Tulis Tenun Gedog Tuban Jadi Desa Devisa

Jum'at, 11 Februari 2022 - 07:28 WIB
loading...
A A A
Ia juga menambahkan bahwa, hal-hal yang unik itu juga menjadi nilai tambah karena dapat menarik wisatawan asing. Itu akan menarik minat mereka untuk membeli produk-produk yang memiliki keunikan tersebut.

"Produk batik tulis tenun gedog ini kan luar biasa ya, sangat unik mulai dari bahan baku diproses sendiri sampai di batik itu kan katanya hanya ada di Tuban," Kata Koerniawan Prijambodo.

Batik tulis tenun gedog sendiri adalah batik khas Tuban yang prosesnya mulai dari pemintalan, penenunan sampai dengan membatiknya ada dalam satu produksi. Sementara pembubuhan istilah gedog berasal dari bunyi 'dog-dog-dog' yang dihasilkan dari alat para pengrajin yang tengah menenun kain sebagai bahan baku membuat batik tulis tenun gedog ini.

Selain dari kainnya, keunikan batik Tuban juga terletak dari proses pewarnaannya yang alami. Bahan-bahan pewarna yang dipakai berasal dari daun-daun, kulit pohon dan akar-akar yang dicacah lalu direbus. Juga memiliki beberapa motif khas Tuban di antaranya motif panjiserong, panjiori atau panjikrendil.
(don)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)