Insiden Wadas, Polda Jateng Minta Warga Kedepankan Musyawarah

Rabu, 09 Februari 2022 - 18:10 WIB
loading...
Insiden Wadas, Polda Jateng Minta Warga Kedepankan Musyawarah
Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy meminta warga Desa Wadas, Bener, Purworejo mengedepankan musyarawah dalam pro-kontra rencana pembangunan Bendungan Bener. Foto/Ist
A A A
PURWOREJO - Polda Jateng meminta warga Desa Wadas, Bener, Purworejo jangan mau diadu dan mengedepankan musyarawah dalam pro-kontra rencana pembangunan Bendungan Bener.

Apalagi pembangunan Bendungan Bener itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani, yakni tersedianya air dan irigasi teknis yang dibangun menyertai bendungan.


"Melalui bendungan tersebut nantinya lahan daerah sekitar akan menjadi subur karena terairi secara simultan. Bahan pembangunan bendungan tersebut salah satunya diambil dari Wadas yang mengandung andesit," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy dalam keterangannya, Rabu (9/2/2022).

Dia menjelaskan, ada 617 warga yang memiliki tanah di daerah Wadas yang akan dibeli pemerintah dengan harga yang menguntungkan.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jateng telah menetapkan harga atas tanah sesuai yang berlaku dan pastinya menguntungkan. Hasilnya ada 317 warga di daerah Wadas yang setuju tanahnya dibeli dan dibebaskan untuk pembangunan bendungan.

"Namun masih ada warga lainnya yang belum setuju atas rencana pemerintah tersebut. Mereka pun telah diajak dialog oleh Pemprov Jateng. Bahkan Pemprov Jateng telah meminta Komnas HAM sebagai mediator atas warga yang masih pro kontra," katanya.



Pihak kontra pun, kata Iqbal, telah menempuh jalur hukum melalui PTUN dan hingga kasasi akhirnya kalah. Sebagian warga yang kontra juga sering meneror warga yang setuju atas rencana pembangunan wadas.

"Peristiwa bentrokan di Desa Wadas, Purworejo dipicu pro-kontra sesama warga sendiri atas rencana pembangunan Bendungan Bener oleh pemerintah," katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1938 seconds (0.1#10.140)