Hore! Air Bersih dan Listrik Mengalir Kembali di Kampung Waa Banti Tembagapura

Selasa, 08 Februari 2022 - 20:03 WIB
loading...
Hore! Air Bersih dan Listrik Mengalir Kembali di Kampung Waa Banti Tembagapura
Dam air untuk menampung air bersih dibangun di area Tagabera, Kampung Waa Banti, Distrik Tembagapura oleh PTFI. Foto/Ist
A A A
TIMIKA - Wajah sumringah warga terlihat di Kampung Waa Banti, Distrik Tembagapura, Mimika, Papua. Mereka gembira karena dapat kembali menikmati fasilitas air bersih dan listrik.

PT Freeport Indonesia (PTFI) didukung Kepala Kampung, TNI-Polri telah memperbaiki infrasruktur air bersih dan instalasi listrik bagi warga setempat. Perbaikan jaringan air bersih dan listrik ini mulai dikerjakan pada pertengahan 2021 lalu.


Pengerjaannya selesai pada Desember 2021 lalu dan telah dinikmati oleh masyarakat Kampung Waa Banti.

Kampung Waa Banti merupakan kampung yang berlokasi 5 Km dari area operasi PTFI. Warga kini bisa menikmati fasilitas listrik dan air bersih di rumah mereka.

Masyarakat kampung Waa Banti sempat meninggalkan kampung mereka pasca adanya gangguan keamanan. Pada awal 2021 masyarakat sudah kembali lagi ke kampungnya.

Masyarakat sempat mengalami kesulitan air bersih dan listrik pada malam hari karena mayoritas infrastrukur mengalami kerusakan.

"Freeport memberi perhatian dan mendukung pembangunan dan perbaikan fasilitas ini agar masyarakat tetap nyaman tinggal di kampung halamannya," kata Vice President Sustainable Development PTFI, Nathan Kum, Selasa (8/2/2022).


Nathan Kum menyampaikan terimakasih kepada pemerintah setempat melalui kepala kampung yang telah membantu sosialisasi kepada warga sebelum pekerjaan dimulai. Sedangkan pihak TNI-Polri membantu pengamanan selama pekerjaan berlangsung.

PTFI mengeluarkan biaya USD500.000 atau lebih dari Rp7 miliar untuk pembangunan dan perbaikan fasilitas air bersih dan listrik sepanjang pengerjaan pada 2021 ini.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2703 seconds (0.1#10.140)