UNS Kembangkan Suplemen Penunjang Imun Tubuh

Jum'at, 12 Juni 2020 - 21:44 WIB
loading...
UNS Kembangkan Suplemen Penunjang Imun Tubuh
Produk suplemen penunjang imun tubuh dari bahan pangan Spirulina platensis yang tengah dikembangkan Prodi Farmasi Sekolah Vokasi UNS Solo. Foto: Dok Humas UNS
A A A
SOLO - Produk suplemen penunjang imun tubuh dari bahan pangan spirulina platensis tengah dikembangkan program studi (Prodi) Farmasi Sekolah Vokasi (SV) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Pengembangan berkolaborasi dengan PT Brigit Biofarmaka.

Spirulina platensis dipilih karena kandungan fitonutrien atau senyawa alaminya yang lengkap. Spirulina platensis juga dapat menaikkan aktivasi sel makrofag dan produksi sitokin serta menstimulasi antibodi yang efektif untuk meningkatkan respons imun.

“Sangat sesuai dengan kondisi dunia yang tengah menghadapi pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19),” kata Anif Nur Artanti, Kepala Program Studi D3 Farmasi SV UNS dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6/2020).(Baca juga : Purnomo Sempat Mundur, Ketua DPC PDIP Solo: Bukan Manuver Politik )

Dalam kondisi pandemi COVID-19 seperti sekarang, lanjutnya, tubuh harus mengkonsumsi makanan yang mampu meningkatkan dan menyeimbangkan imunitas. Karena penyakit akibat infeksi virus umumnya menyerang tubuh pada kondisi lelah, stres, maupun dengan pola makan kurang teratur. “Maka Spirulina platensis sangat baik bagi tubuh sebagai makanan super,” terangnya.

Terdapat kandungan protein 60-70%, karbohidrat 20-25%, lemak 3-5%, mineral dan vitamin 5-8%, juga air 2-5%. Spirulina platensis berperan untuk menstabilkan jumlah sel-sel darah merah, sel darah putih, dan hemoglobin.

Dari segi keamanan bahan, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa spirulina platensis merupakan bahan makanan yang aman dan alami dengan dukungan nutrisi terkonsentrasi untuk kesehatan dan kesejahteraan yang optimal.

Anif menjelaskan, peran multi fungsi spesies spirulina platensis menjadikannya obat alami yang ideal untuk tindakan pencegahan (profilaksis) dan terapi dengan manfaat sangat besar.

“Dilihat dari karakteristiknya, mikroalga spirulina platensis juga berpotensi sebagai bahan baku sumber senyawa antioksidan yang dapat digunakan untuk bahan kosmetik maupun sediaan farmasi yang bermanfaat bagi tubuh,” terangnya

Tak hanya COVID-19, beberapa penyakit akibat virus lainnya juga dapat diredakan oleh spirulina platensis. Kandungan polisakarida dalam spirulina dilaporkan dapat menghambat replikasi beberapa virus seperti herpesvirus simpleks, virus influenza, virus campak, virus gondong, Cytomegalovirus (CMV), dan Human Immunodeficiency Virus (HIV-1).

Ekstrak Spirulina platensis sangat potensial dikembangkan menjadi salah satu terapi yang membantu pasien AIDS. Beragam keunggulan semakin terbukti dengan fakta bahwa spirulina platensis telah dimanfaatkan sebagai bahan pangan sejak 400 tahun lalu dan telah dikembangkan di berbagai negara. Terlebih spirulina platensis mudah dibudidayakan dan dipanen serta mudah dicerna oleh manusia.

Meskipun demikian, untuk pengembangan yang dilakukan D3 Farmasi SV UNS masih diperlukan penelitian lebih lanjut. “Tujuannya untuk menggali lebih dalam potensi imunostimulator maupun imunomodulator yang dimiliki oleh masing-masing komponen kimia dalam Spirulina platensis,” pungkasnya.
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3225 seconds (0.1#10.140)