DPW Partai Perindo Jawa Timur Dorong Keterlibatan Perempuan di Dalam Politik

Sabtu, 05 Februari 2022 - 15:09 WIB
loading...
DPW Partai Perindo Jawa Timur Dorong Keterlibatan Perempuan di Dalam Politik
Ketua DPW Perindo Jawa Timur, Muhammad Mirdasy mengatakan, Partai Perindo terus mendorong perempuan untuk bisa lebih banyak terlibat dalam politik. Foto/SINDOnews/Lukman Hakim
A A A
SURABAYA - Partai Perindo terus mendorong perempuan untuk bisa lebih banyak terlibat dalam politik. Perempuan memiliki potensi yang besar untuk masuk di parlemen. Sebab, ada kuota 30 persen keterwakilan perempuan di kursi wakil rakyat.

Ketua DPW Perindo Jawa Timur (Jatim), Muhammad Mirdasy mengatakan, Partai Perindo melihat ada dua hal penting terkait dengan keterlibatan perempuan dalam politik. Pertama, peningkatan kapasitas keilmuan dalam perhelatan politik. Kedua adalah keterwakilan perempuan yang masih minim.


"Kami, Partai Perindo mendorong dua hal itu agar terus dibangun dan dikembangkan dan bisa dilakukan pemberdayaan perempuan yang jauh lebih baik," katanya usai menghadiri acara Partai Perindo: Konferensi Nasional Perempuan Indonesia 2022, "Gerakan dan Peran Perempuan Untuk Perubahan Menuju Indonesia 2024", Sabtu (5/2/2022).

Dia menambahkan, Partai Perindo sudah melakukan beberapa hal untuk lebih banyak melibatkan perempuan dalam politik.

Pertama, memperbanyak persentase perempuan yang masuk dalam kepengurusan partai. "Kepengurusan bukan lagi 30 persen tapi bisa sampai 40 persen lebih. Dan nantinya hampir 50-50 persen," ujarnya.

Kedua, lanjut dia, memperbanyak diskusi politik bersama komponen perempuan. Sebab, diskusi ini menjadi salah satu cara untukk meningkatkan kemampuan perempuan. Utamanya dalam hal menyampaikan pendapat.


Sebab, perempuan masih cenderung lebih banyak diam padahal sudah terlibat di partai. "Sudah jadi anggota dewan juga banyak diam. Itu yang terjadi," ujarnya.

Diketahui, konferensi nasional ini dihadiri Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo yang juga Ketua DPP Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital dan Kreatif; Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq; Ketua DPD Partai Perindo Kota Malang Laily Fitriyah Liza Min Nelly; Ketua DPW Partai Perindo Jawa Timur dan sejumlah narasumber kompoten lainnya.



Ada pula, mantan Ketua Umum Kaukus Perempuan Politik Indonesia 2016-2021 Dwi Septiawati Djafar. Adapun, Ketua Departemen Bidang Perempuan dan Anak DPP Partai Perindo Dyah Arum Sari didapuk sebagai moderator.

Melalui konferensi ini, Partai Perindo sebagai partai modern yang inklusif dan menjadi bagian dari gerakan positif untuk perubahan, mengajak kalangan perempuan untuk memajukan dan mencerdaskan bangsa serta memaksimalkan peran perempuan di berbagai sektor kehidupan.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2507 seconds (0.1#10.140)