Pesantren Berjasa Memperkuat Bangsa lewat Pendidikan

Jum'at, 04 Februari 2022 - 14:09 WIB
loading...
Pesantren Berjasa Memperkuat Bangsa lewat Pendidikan
Pondok pesantren menjadi pilar dalam mengembangkan Islam yang rahmat, toleran dan beradaptasi dengan kearifan lokal. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Pondok pesantren sebagai warisan sistem pendidikan Islam khas Nusantara telah menjadi pilar dalam mengembangkan Islam yang rahmat, toleran dan beradaptasi dengan kearifan lokal. Pesantren telah menjadi salah satu pilar peradaban bangsa dan memiliki kekhasan dalam mentransmisikan konsep keagamaan yang moderat.

Wakil Direktur Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Andi Aderus mengungkapkan bahwa sejatinya secara historis pesantren telah memberikan andil besar kepada bangsa ini baik melalui pejuangan fisik pada masa perebutan kemerdekaan maupun dalam pencerdasan anak bangsa.


"Pesantren saat jaman perjuangan kemerdekaan, sudah berperan penting baik dalam pembelaan Tanah Air baik secara fisik maupun dalam memperkuat bangsa melalui dunia Pendidikan," ujarnya di Makassar, Jumat (4/2/2022).

Ia melanjutkan, pada masa perjuangan kemerdekaan tidak banyak atau bahkan hampir tidak ada dana dari pemerintah untuk membangun sekolah maupun institusi pendidikan. Sehingga banyak pesantren yang secara swadaya didirikan oleh masyarakat.

"Sejak dahulu, selain mengajarkan tentang keagamaan, juga mengenai akhlak dan berkehidupan. Nasionalisme juga selalu diajarkan, dan pesantren selalu hadir ketika ada ancaman yang datang di tanah air kita," jelasnya.



Dikatakannya, para ulama dan kiai serta para santri memahami bahwa sejatinya mempertahankan Tanah Air adalah bagian daripada keimanan. Tidak hanya itu, dirinya juga mengungkapkan bagaimana pesantren berasimilasi dengan budaya lokal yang ada di negeri ini.



"Ponpes saat itu juga mempengaruhi Islamisasi budaya lokal. Bukan dengan menjustifikasi kebudayaan agama lain itu salah, tetapi tetap melestarikan budayanya dengan konten yang berbeda, dengan nilai keislaman," jelasnya.

Pimpinan Pondok Pesantren Darud Dakwah Wal-Irsyad (DDI) ini juga mengungkapkan, di Indonesia dengan jumlah pesantren yang sangat besar, maka keberagaman corak, khas dan budaya dari masing-masing pesantren menjadi hal yang sangat istimewa.

"Dengan keragaman ini justru memberikan banyak alternatif kepada anak bagsa untuk menimba ilmu pengetahuan," ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2170 seconds (0.1#10.140)