Imbas 'Lautan Manusia' saat Imlek, Mal Festival Citylink Ditutup Tiga Hari

Kamis, 03 Februari 2022 - 20:10 WIB
loading...
Imbas Lautan Manusia saat Imlek, Mal Festival Citylink Ditutup Tiga Hari
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akhirnya memberikan sanksi kepada pengelola Mal Festival Citylink berupa penutupan operasional selama tiga hari buntut kerumunan pengunjung saat perayaan Imlek Selasa lalu. (Ist)
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akhirnya memberikan sanksi kepada pengelola Mal Festival Citylink berupa penutupan operasional selama tiga hari buntut kerumunan pengunjung saat perayaan Imlek Selasa lalu. Sanksi diberikan mengingat kegiatan yang dilakukan masuk kategori pelanggaran berat.

Rencananya, sanksi penutupan operasional mal berlaku Jumat (3/2) hingga Minguu (5/2). Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bandung Asep Gufron mengatakan, hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kegiatan Barongsai saat perayaan Imlek di Festival Citylink merupakan pelanggaran berat. Acara tersebut tidak memiliki izin dari pihak berwenang.

"Berdasarkan arahan beliau (Plt Wali Kota) juga dari hasil pemeriksaan Disdagin, mulai besok Mal Festival Citylink akan ditutup selama tiga hari, itu sebagai sanksi terhadap pelanggar," ujar Asep kepada wartawan di Balai Kota Bandung, Kamis (03/02/2022).

Dia berharap, keputusan tersebut memberikan efek jera kepada pengelola mal dan menjadi pelajaran bagi mal lainnya. Karena, setelah dibaca aturannya ternyata itu pelanggaran sangat berat.

Selain itu tidak ada izin baik di Satgas COVID-19 Kota Bandung atau pun izin keramaian dan pemberitahuan kepada Disdagin. "Yang paling fatalnya itu terjadi kerumunan yang luar biasa di dalam gedung dengan ventilasi yang tidak memenuhi syarat," bebernya.

Tak hanya itu, pihak kepolisian pun akan memproses masalah tersebut berkaitan dengan apakah terdapat pelanggaran undang-undang kesehatan. Namun pihaknya memastikan bahwa penutupan sementara Mal Festival Citylink tetap akan dilakukan. Baca: Pengemudi Todongkan Pistol dan Tongkat di Tol Cipali Ditangkap Polres Karawang.

"Barusan sudah dilaporkan kepada pak Plt, kami akan menerapkan untuk ditutup selama tiga hari mulai besok, jadi Jumat, Sabtu dan Minggu," ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung Elly Wasliah yang memastikan mal Festival Citylink ditutup sementara selama tiga. Baca Juga: Jadi Otak Pembunuhan Wartawan, Pengusaha Hiburan Malam Divonis Seumur Hidup.

"Betul, tutup selama tiga hari imbas kerumunan pengunjung saat acara Barongsai pada perayaan Imlek Selasa kemarin," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)