Ratusan Blangko Ijazah SMP di Musi Banyuasin Dibakar

Selasa, 01 Februari 2022 - 15:48 WIB
loading...
Ratusan Blangko Ijazah SMP di Musi Banyuasin Dibakar
Petugas membakar ratusan lembar ijazah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
MUSI BANYUASIN - Ratusan lembar ijazah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dibakar. Ratusan blanko ijazah tingkat SMP tersebut sengaja dibakar lantaran merupakan sisa blangko yang berlebih.

Kepala Disdikbud Kabupaten Muba, Musni Wijaya mengatakan, pelaksanaan pembakaran blangko ijazah tersebut mengacu pada peraturan Sekjen Kemendikbud Nomor 5 tahun 2021 yang mengamanatkan sisa blangko ijazah SD, SMP, paket A/ B dan C di Dinas Pendidikan dapat dimusnahkan setelah 6 bulan terhitung sejak jadwal pengisian ijazah.



"Jumlah blanko dimusnahkan berjumlah 736 lembar. Rinciannya 687 lembar merupakan kelebihan sisa blangko sedangkan 49 kesalahan dari penulisan, jadi total seluruhnya 736 lembar," ujar Musni, Selasa (1/2/2022).



Menurutnya, pembakaran ijazah dilakukan karena dikhawatirkan ratusan dokumen negara tersebut disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab. Karena ijazah ini dokumen negara.

"Apabila terdapat kerusakan atau kesalahan penulisan ijazah maka pemusnahan dilakukan di satuan pendidikan bukan di dinas pendidikan. Satuan pendidikan hanya menyerahkan berita acara pemusnahan ijazah ke dinas pendidikan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMP Kabupaten Muba, Nazarul Hasan, melalui Kasi kurikulum dan Penilaian SMP DIsdikbud Muba Sobriadi menjelaskan, bahwa ijazah yang dimusnahkan merupakan edisi tahun ajaran 2019-2020.


"Pemusnahan ijazah ini kita lakukan di depan banyak saksi, seperti aparat kepolisian dengan tujuan tidak ada blangko yang masih tersisa," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)