Dua Pendaki Gunung Malabar Hilang, Tim SAR Lakukan Pencarian

Selasa, 01 Februari 2022 - 10:59 WIB
loading...
Dua Pendaki Gunung Malabar Hilang, Tim SAR Lakukan Pencarian
Ilustrasi pendaki gunung. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Pencarian dua pendaki yang hilang di Gunung Malabar, Kabupaten Bandung, berlanjut. Keduanya yakni Ace (33) dan Yoga (14), warga Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, keduanya dilaporkan hilang sejak Senin 31 Januari 2022.

"Setelah menerima informasi dari Pusdalops BPBD Kabupaten Bandung terkait kejadian dua orang hilang di Gunung Malabar, kami pagi ini langsung mengirim tim ke lokasi," katanya, Selasa (1/2/2022).



Sebelumnya, Basarnas telah berkoordinasi secara intens dengan BPBD Kabupaten Bandung, SAR dan keluarga korban yang berada di Basecamp pendakian.

"Berdasarkan informasi dari keluarga korban, kedua survivor tidak membawa perlengkapan survival yang lengkap, karena rencana awal tidak akan berkemah di puncak," sambungnya.

Dalam melakukan pencarian itu, tim rescue menggunakan 1 unit rescue car double cabin dan membawa 1 set palsar mountenering, 2 lembar peta rupa bumi Gunung Malabar, 1 set peralatan navigasi, 1 set peralatan alkom, 1 set peralatan medis dan APD personal.



Diketahui, kedua survivor mendaki pada Minggu 30 Januari 2022, sekira pukul 07.30 WIB. Kedua survivor berangkat naik ke Gunung Malabar, dari Desa Mekarjaya. Mereka melakukan perjalanan pulang pergi di hari yang sama.

Namun, sesampainya di puncak, kedua survivor bertemu dengan rombongan yang berjumlah enam orang yang sudah naik ke Gunung Malabar, sejak Sabtu 29 Januari 2022. Mereka kemudian memutuskan berkemah bersama dan turun pada Senin 31 Januari 202, sekitar pukul 12.16 WIB.



Namun, kedua survivor turun terlebih dahulu dan menunggu di Legok pada koordinat 7° 7'39.52"S 107°38'11.70"E. Sayangnya, rombongan tidak menemukan kedua survivor di titik tersebut.

Kemudian rombongan melakukan pencarian kedua survivor selama kurang lebih 3 jam. Hasil pencarian nihil, yang ditemukan hanya motor milik survivor yang masih terparkir di kantor Desa Mekarjaya.
(hsk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2826 seconds (0.1#10.140)