Dukung Uji Klinis, Gubernur Khofifah Siap Disuntik Vaksin Merah Putih

Senin, 31 Januari 2022 - 15:06 WIB
loading...
Dukung Uji Klinis, Gubernur Khofifah Siap Disuntik Vaksin Merah Putih
Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyatakan siap untuk disuntik vaksin merah putih.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Setelah mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin merah putih inovasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya akan memasuki tahap uji klinis pada tahap pertama pada 9 Februari 2022.

Rencananya, uji klinis akan dilaksanakan dengan cara menyuntikkan vaksin kepada 90 relawan berusia minimal 18 tahun di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Relawan itu sebelumnya tidak pernah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis satu dan dua.

"Kami mohon doa seluruh masyarakat Jatim agar uji klinis yang dilakukan Unair bersama tim dari RSUD dr. Soetomo dapat berjalan dengan lancar dan sukses," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Senin (31/1/2022).

Baca juga: Harlah NU, KH Wahab Hasbullah Mendadak Nyalakan Korek Api saat Ditanya Nasionalisme NU

Saat ini, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dan Layanan Kesehatan Nasional (NHS / National Health Service) Inggris telah merekomendasikan vaksinasi booster karena mampu mengurangi risiko infeksi dan gejala berat yang diakibatkan varian baru, termasuk omicron.

“Berdasarkan update situasi dari WHO, ditemukan peningkatan kasus COVID-19 akibat omicron mencapai 80 persen. Oleh karena itu, kami sangat berharap Vaksin Merah Putih ini bisa menjadi kandidat booster vaksinasi di Indonesia," tandas Khofifah.

Menurut Khofifah, dengan jumlah penduduk lebih dari 272 juta jiwa, Indonesia, termasuk Jatim tidak bisa selamanya bergantung pada vaksin produksi luar negeri. Pelaksanaan kegiatan vaksinasi booster pun membuat kebutuhan vaksin di Indonesia semakin besar. "Hal ini tentu menjadi keniscayaan bagi Indonesia untuk dapat memproduksi vaksin COVID-19 secara mandiri," terangnya.



Khofifah pun siap mendukung percepatan uji klinis Vaksin Merah Putih. Mulai dari tahap pertama hingga tahap ketiga. Bahkan dirinya mengaku siap menjadi orang pertama yang mendapat suntikan booster Vaksin Merah Putih jika diizinkan.

"Kami semua bangga dengan Unair yang punya komitmen kuat memberikan persembahan terbaik bagi negeri ini. Apalagi dapat memberikan perlindungan dan keselamatan kepada seluruh masyarakat Indonesia," pujinya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1822 seconds (0.1#10.140)