Seniman kuda lumping desak Bibit minta maaf

Rabu, 12 September 2012 - 11:42 WIB
Seniman kuda lumping desak Bibit minta maaf
Seniman kuda lumping desak Bibit minta maaf
A A A
Sindonew.com - Kelompok jaran kepang "Sedayu" Muntilan sekitar pukul 10.45 WIB memamerkan tarian jathilan di depan Kantor Gubernuran Provinsi Jateng di Jalan Pahlawan. Mereka mendesak agar Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Bibit Waluyo meminta maaf.

Aksi pamer dari kelompok kesenian rakyat tersebut dilakukan sebagai bentuk protes atas pernyataan Gubernur Jateng Bibit Waluyo yang menyebut Jathilan terjelek sedunia. Kelompok tersebut melibatkan sejumlah anoman, buto cakil, prajuritan, bancak doyok dan buto.

Komunitas Anak Merapi yang menjadi koordinator dalam keterangan tertulisnya mendesak gubernur minta maaf. "Minta maaflah kepada masyarakat Magelang, karena saat ini terdapat 3.000 lebih kelompok Jathilan. Dimana setiap grupnya terdiri dari sekitar 100 orang," ucap Andang.

Ketua kelompok Sedayu, Suhadi juga mengaku kecewa dengan Bibit. "Kesenian Jathilan jangan diremehkan. Kalau bisa kami diberi bantuan agar tetap bisa hidup," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng Prasetyo Aribowo juga nampak terlihat menyaksikan tarian jaran kepang tersebut. Para seniman sangat bersemangat kendati di bawah sengat panas matahari yang terik.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6908 seconds (0.1#10.140)